Sejarah Penyebaran Agama Islam Oleh Wali Songo di Pulau Jawa

Sejarah Penyebaran Agama Islam Oleh Wali Songo di Pulau Jawa
Wali Songo mendakwahkan Islam melalui lensa budaya, memadukan seni budaya asli dengan ajaran Islam. Wayang, musik Jawa, gamelan, dan ritual adat merupakan contoh bagaimana ajaran dan makna Islam dimasukkan. FOTO:@PINTEREST/RAKCER.ID
0 Komentar

6. Sunan Gunung Jati

Syarif Hidayatullah adalah nama asli Sunan Gunung Jati. Ia berdakwah di daerah Cirebon, mendirikan kerajaan, dan memberontak melawan pemerintahan Padjadjaran. Hal ini mengangkat Sunan Gunung Jati ke posisi Wali Songo, atau raja.

7. Sunan Muria

Raden Pratowo adalah nama panggilan Sunan Muria. Sunan Kalijaga adalah ayahnya. Untuk menyebarkan Islam, daerah ini sangat terpencil dan jauh dari pusat kota.

Sunan Muria menyebarkannya kepada para pedagang, nelayan, pelaut, dan masyarakat awam. Muria berasal dari kediaman terakhirnya di lereng Gunung Muria, kurang lebih 18 kilometer sebelah utara Kota Kudus.

Baca Juga:Sejarah Wali Songo yang Berdakwah di CirebonDeretan Hp IPhone Terbaru 2023

8. Sunan Drajat

Nama asli Sunan Drajat adalah Raden Qasim, dan akhirnya ia mendapat gelar Raden Syarifuddin. Ia merupakan anak Sunan Ampel sekaligus saudara laki-laki Sunan Bonang.

Sunan Drajat mengajar di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Nama desa ini kemudian disingkat menjadi Sunan Drajat.

Saat menyebarkan Islam, ia membangun musala atau surau yang berfungsi sebagai tempat dakwah.

9. Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga lahir pada tahun 1401. Nama aslinya adalah Jaka Said, dan dikenal juga dengan nama Raden Mas Said.

Karena beliau adalah seorang pengkhotbah keliling, wilayah dakwahnya tidak terbatas. Namun semasa hidupnya, ia banyak menghabiskan waktunya di Kadilangu, Demak.

Sunan Kalijaga diperkirakan telah hidup lebih dari satu abad. Ia juga berjasa dalam pembangunan Masjid Agung Demak.

Nah, itu tadi sejarah penyebaran agama islam oleh Wali Songo di Tanah Jawa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan mengenai wali songo.(*)

Simak berita dan artikel menarik lainnya di Google News.

0 Komentar