Tradisi Ziarah Wali Songo di Jawa, Ini 9 Lokasi Makamnya

Tradisi Ziarah Wali Songo di Jawa, Ini 9 Lokasi Makamnya
Tradisi Ziarah Wali Songo di Jawa, Ini 9 Lokasi Makamnya. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

Bagi Anda yang berencana akan melakukan ziarah Wali Songo, berikut lokasi makam para wali yang perlu diketahui:

Makam Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga atau Raden Mas Said merupakan sosok wali yang fenomenal bagi umat muslim di Jawa karena menggunakan strategi dakwah yang dipadukan dengan seni dan budaya. Salah satunya dengan membuat alur cerita wayang yang diselipkan dakwah Islam.

Karena kepiawaiannya dalam mendalang, Sunan Kalijaga berhasil menciptakan karakter-karakter pewayangan seperti Semar, Bagong, Petruk, dan Gareng. Sunan Kalijaga juga memiliki sebuah tembang yang diselipkan ajaran Islam seperti Kidung Rumeksa ing Wengi dan Lir-ilir.

Baca Juga:7 Kata Kata Bijak Sunan Drajat Supaya Hidup Sukses dan Berkah10 Petuah Jawa Sunan kali Jaga dan Artinya Penuh Makna Untuk Kehidupan

Kompleks makam Sunan Kalijaga berada di Desa Kadilangu, Kabupaten Demak. Saat melakukan ziarah Wali Songo ke makam Sunan Kalijaga, Anda bisa sekalian berkunjung ke Masjid Agung Demak yang diyakini sebagai karya para wali.

Makam Sunan Muria

Tujuan ziarah Wali Songo berikutnya adalah makam Sunan Muria yang berada di Kudus, Jawa Tengah. Sunan Muria dengan nama kecil Raden Umar Said ini merupakan anak dari Sunan Kalijaga yang meneruskan perjuangan ayahnya dalam menyebarkan ajaran Islam.

Berbeda dengan ayahnya yang khusus menggunakan media pertunjukkan seni sebagai media dakwahnya, Sunan Muria menyebarkan ajaran Islam melalui kursus atau pelatihan bagi masyarakat di sekitar lereng Gunung Muria. Sasarannya dakwahnya yaitu para nelayan, pedagang dan rakyat kecil.

Sesekali, Sunan Muria juga menyampaikan dakwahnya melalui pertunjukkan seni yang memang digemari oleh masyarakat Jawa. Beliau bahkan telah menciptakan Tembang Macapat Sinom dan Kinanti.

Makam Sunan Muria terletak di puncak Gunung Muria di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Anda diharuskan menaiki ribuan anak tangga untuk menuju kompleks makamnya. Oleh karena itu, pastikan tubuh Anda dalam keadaan sehat saat melakukan ziarah ke makam Sunan Muria.

Makam Sunan Kudus

Masih terletak di wilayah Jawa Tengah, makam Sunan Kudus menjadi tujuan ziarah Wali Songo yang ketiga. Lokasi makamnya berada tepat di belakang Masjid Al-Aqsa Menara Kudus, sehingga Anda bisa menikmati keunikan masjid peninggalan Sunan Kudus.

0 Komentar