Tradisi Ziarah Wali Songo di Jawa, Ini 9 Lokasi Makamnya

Tradisi Ziarah Wali Songo di Jawa, Ini 9 Lokasi Makamnya
Tradisi Ziarah Wali Songo di Jawa, Ini 9 Lokasi Makamnya. Foto: Pinterest - RAKCER.ID
0 Komentar

Sunan Giri merupakan murid dari Sunan Ampel yang meneruskan perjuangannya dalam penyebaran ajaran Islam. Prinsip yang diajarkan oleh Sunan Giri yaitu dapat mengalahkan musuh tanpa membunuhnya.

Selama berdakwah, Sunan Giri menggunakan permainan anak-anak serta tembang-tembang yang diselipkan nilai-nilai keislaman . Sunan Giri juga dikenal sebagai pencipta tembang Padang Bulan dan Pucung.

Makam Sunan Giri yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur memiliki bangunan berbentuk joglo. Saat berada di sana, Anda akan melihat banyak peziarah yang berdoa di depan makam Sunan Giri.

Makam Sunan Gresik

Baca Juga:7 Kata Kata Bijak Sunan Drajat Supaya Hidup Sukses dan Berkah10 Petuah Jawa Sunan kali Jaga dan Artinya Penuh Makna Untuk Kehidupan

Sunan Gresik merupakan Wali Songo pertama yang menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa. Sunan yang memiliki jalur keturunan Nabi Muhammad SAW dari Husain bin Ali RA ini menerapkan strategi dakwah melalui jalur perdagangan dengan mengajarkan masyarakat bercocok tanam.

Makam Sunan Gresik menjadi tujuan ziarah Wali Songo yang ramai dikunjungi oleh peziarah meskipun beliau bukan orang asli Jawa. Namun, Sunan Gresik berjasa besar dalam menuntun masyarakat Jawa untuk hidup sesuai ajaran Islam.

Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati merupakan satu-satunya tujuan ziarah Wali Songo di wilayah Jawa Barat. Semasa hidupnya, Sunan Gunung Jati menempuh jalur politik dengan cara menjalin banyak kerja sama untuk mengokohkan dakwah Islam.

Saat wafat, Sunan Gunung Jati dimakamkan di Cirebon. Hanya saja masyarakat umum tidak diizinkan untuk ke lokasi utama makamnya, kecuali keturunan Sunan Gunung Jati. Namun, Anda bisa menikmati 7 sumur yang lokasinya berada di seberang kawasan makam Sunan Gunung Jati.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang Tradisi Ziarah Wali Songo semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. (*)

0 Komentar