3 Jenis Pikiran yang Ada Dalam Diri Manusia

Jenis Pikiran yang Ada Dalam Diri Manusia
Pikiran kita terbagi menjadi pikiran sadar (Conscious Mind) dan pikiran bawah sadar (Subconscious Mind), istilah ini di populerkan oleh Sigmund Freud, bapak psikoanalisa yang sangat terkenal di dalam keilmuan psikologi. Tapi jika kita runtut ke jauh ini bukanlah sepenuhnya ciptaan Freud. FOTO:@PINTEREST/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Ada tiga jenis pikiran yang ada dalam diri manusia, apa sajakah itu? Yuk, simak lengkap ulasannya dibawah ini!

Jika sebelumnyua kamu pernah mendengar konsep ini, anggap sebagai pengingat untuk lebih memahami mengenai bagaimana sebuah perilaku serta kebiasaan terbentuk dalam diri manusia.

Pikiran kita terbagi menjadi pikiran sadar (Conscious Mind) dan pikiran bawah sadar (Subconscious Mind), istilah ini di populerkan oleh Sigmund Freud, bapak psikoanalisa yang sangat terkenal di dalam keilmuan psikologi. Tapi jika kita runtut ke jauh ini bukanlah sepenuhnya ciptaan Freud.

Baca Juga:4 Tanda Kalo Kamu Lelah Secara Mental dan Bukan PemalasApa Self Love Langue mu? Yuk, Kenali 5 Jenis Bahasa Cinta Pada Diri Sendiri!

Ernst Platner seoramng dokter dan antropolog asal jerman sudah lebih dulu menggunakan istilah yang sama, selain itu ada pula Pierre Janet, psikologi asal perancis yang mempublikasikan jurnal ilmiah dengan menggunakan istilah yang sama.

Menurut beberapa sumber istilah ini pertama kali di ciptakan oleh friedrich Schelling, seorang filsuf dari jerman.

Bahkan konsep pembagian pikiran manusia ini jugasudah di perkenalkan oleh teknik Ayurveda (Penyembuhan Kuno) dari Hindu India sejak 2500 tahun yang lalu.

Jenis Pikiran yang Ada Dalam Diri Manusia

Pemodelan Pikiran Manusia

Konsep ini membagi pikiran manusia menjadi 3 bagian, yang letaknya ada di atas dan tampak ke permukaan adalah pikiran sadar, bagian kedua yang merupakan pintu masuk ke dalam di sebut critical area atau “polisi pikiran” yang tugasnya mengamankan hal yang tidak boleh masuk ke bawah sadar.

Sedangkan pikiran bawah sadar adalah bagian dengan porsi terbesar, tidak terlihat dari luar tapi menyimpan banyak hal di dalamnya.

Conscious Mind

Pikiran sadar memiliki sifat kritis, analistis, logis, serta rasional, sering juga dianalogikan dengan wilayah otak kiri.

Nah, ketika kamu memutuskan sesuatu dengan pertimbangan logikan, baik buruk, benar salah, untung rugi, serta melakukan suatu hal secara multi tasking yang bekerja adalah pikiran sadar.

Baca Juga:4 Tanda Kalo Kamu Butuh Healing4 Trik Psikologi Agar Orang Lain Nyaman Berada di Dekatmu

Tapi ternyata, hanya sebagian kecil keputusan kita yang dilakukan secara sadar (8-12%), sementara selebihnya adalah perilaku emosional, insting dan reflex.

Subconscious Mind

Database yang menyimpan pengalaman, ingatan, perasaan, emosi, bahkan kepribadian kita. Lalu apa sebenarnya yang mendominasi perilaku kita, jawabannya adalah pikiran bawah sadar.

0 Komentar