5 Jajanan Manis Khas Jawa Barat, Bahkan Ada yang Hanya Muncul 1 Tahun Sekali

5 Jajanan Manis Khas Jawa Barat, Bahkan Ada yang Hanya Muncul 1 Tahun Sekali
Apem adalah kue khas Cirebon yang ada hanya 1 tahun sekali di bulan safar, Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Colenak adalah jajanan yang diolah dari tape singkong yang diberi baluran tepung lalu digoreng dan dihidangkan dengan keadaan panas lalu diberi guyuran saus gula merah adapun colenak ini diolah dengan dibakar sampai harum dan matang.

Colenak ini cocok dimakan ketika waktu bersantai di sore hari dan ditemani teh atau kopi pait yang panas akan membuat menikmati makanan ini sangat nikmat.

  1. Kue tapel pisang kapok

Jajanan manis khas Jawa Barat ke 3 yaitu kue tapel pisang kepo, jajanan ini adalah jajanan khas Cirebon yang sudah mulai langkah.

Baca Juga:5 Fakta Unik Biwara Sang pembuat Bendungan Kreatif dan Sering Dikira Orang Berang – Berang5 Burung  yang dilindungi di Indonesia dan Sudah ada yang Punah disuatu daerah

Makanan ini berbahan dasar yaitu Tepung beras, parutan kelapa, potongan pisang kapok, dan potongan gula merah.

Jika dilihat proses pemasakan nya kue ini terlihat mirip dengan makanan khas betawi yaitu kerak telor namun kue tapel ini jelas berbeda dengan kerak telor dari segi rasa dan isian nya sangat berbeda.

Kue tapel ini sangat nikmat apabila dimakan dengan secangkir kopi pahit dan dimakan ketika masih hangat dan ketika waktu santai.

4. Burayot

Jajanan manis khas Jawa Barat ke 4 yaitu burayot, burayot adalah jajanan manis khas  garut yang berbentuk lonjong dan bahan burayot ini terdiri dari tepung beras, Minyak kelapa, gula merah yang kemudian di goreng sampai matang.

Sudah banyak juga variasi jajanan satu ini seperti burayot coklat dan lain sebagainya burayot ini cocok dimakan ketika waktu santai dengan secangkir kopi sambil menikmati udara dingin di garut yang sangat segar.

  1. Surabi

Jajanan manis khas Jawa Barat berikutnya yaitu surabi, surabi ini adalah kue manis khas jawa barat yang sudah terkenal dan sangat digemari oleh semua orang.

Surabi sendri berbahan dasar tepung beras, garam, lalu diberi air dan di bakar pada wajan tanah liat sampai matang lalul apabila matang akan di sajikan dengan saus gula merah yang sangat legit.

Baca Juga:5  Hp Realme Terbaru Ram 8, yang Bisa Menyimpan Lebih BanyakDari Bahan Tidak Lazim, 5 Sate Ekstrem Di Dunia Berani Coba !!!

Sudah banyak sekali variasi surabi ini ada surabi solo yang digulung dengan isian kelapa parut yang diberikan gula merah, lalu serabi Cirebon yang polos dan dimakan dengan gorengan oncom dan masih banyak lagi variasi surabi ini.

0 Komentar