Stop Lari dari Masalah! Ayo Berlatih Regulasi Diri Seperti Ini

Ayo Berlatih Regulasi Diri Seperti Ini
Regulasi diri dapat terlihat melalui bermacam macam perilaku, seperti dapat mengatasi steres dan rasa frustasi, serta dapat berfikir menyeluruh mengenai suatu masalah. FOTO:@PINTEREST/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Secara Sederhana regulasi diri (Self-Regulation) diartikan sebagai kemampuan untuk mengontrol emosi, pikiran, dan perilaku dalam mencapai tujuan tertentu.

Regulasi diri dapat terlihat melalui bermacam macam perilaku, seperti dapat mengatasi steres dan rasa frustasi, serta dapat berfikir menyeluruh mengenai suatu masalah.

Seseorang dengan regulasi diri yang baik dapat tetap tenang di bawah tekanan dan bisa bangkit dari kegagalan atau keterpurukan.

Baca Juga:5 Tanda Kamu Sedang Dimanfaatin Orang Lain5 Tanda Kamu Masih Menyimpan Luka Masa Lalu

Karakteristik lain mengenai perilaku regulasi diri adalah mampu menenangkan diri sendiri saat merasa sedih dan mampu menenangkan diri sendiri saat merasa sedih dan dapat melihat sisi baik dari orang lain.

Melihat tantangan sebagai kesempatan berkembang serta bertahan dalam keadaan sulit juga termasuk dari perilaku regulasi diri.

Beberapa manfaat dari kemampuan regulasi diri adalah meningkatkannya toleransi terhadap keadaan sulit, dapat menyelesaikan permasalahan secara mandiri, dan perasaan lebih bahagia.

Sebaliknya, orang dengan regulasi diri yang buruk mungkin merasa kurang percaya diri, kurang memiliki harga diri, serta kesulitan menangani stress dan frustasi.

Seringkali, mereka mengekspresikan perasaan-perasaan tersebut dalan bentuk kemarahan atau kecemasan.

Kalau kamu merasa belum memiliki kemampuan regulasi diri yang baik, tidak usah khawatir. Regulasi adalah suatu hal yang bisa kita latih.

Berikut Beberapa Contoh Regulasi Diri yang Bisa Coba Kamu Lakukan di Berbagai Kondisi Tertentu

1. Stress

Ketika kamu merasa stres, yang harus kamu lakukan adalah fokus hanya pada apa yang bisa kamu kendalikan dan lepaskan apa yang tidak bisa kamu kendalikan.

2. Down

Ketika kamu merasa down, yang harus kamu lakukan adalah akui perasaanmu dan lakukanlah sesuatu untuk dirimu sendiri yang membuatmu merasa lebih baik.

Baca Juga:6 Tanda Trauma Masa Kecil yang Sering Gak DisadariCara Tercepat Melupakan Masa Lalu

3. Kesepian

Ketika kamu merasa kesepian, yang harus kamu lakukan adalah video call atau bertemu dengan seseorang yang kamu sayangi.

4. Gelisah

Ketika kamu merasa gelisah, yang harus kamu lakukan adalah fokus pada saat ini dan ambil nafas dalam dalam untuk mengurangi kecemasanmu.

5. Tidak Cukup Baik

Ketika kamu merasa tidak cukup baik, maka ingatlah dirimu tentang kekuatanmu dan ambil langkah kecil untuk memperbaiki kekuranganmu.

0 Komentar