Bahaya dan Terancam, 5 Jenis Burung Bangkai yang Hampir Punah

Bahaya dan Terancam, 5 Jenis Burung Bangkai yang Hampir Punah
Burung bangkai adalah pembersih alami dari bangkai binatang yang mati namun burung ini terancam punah. Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID –  Jenis burung bangkai yang hampir punah, Setiap makhluk hidup di bumi mempunyai fungsi tertentu, Tidak mengherankan jika kepunahan atau hilangnya salah satu spesies tersebut pada akhirnya dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.

Kini, ketika spesies lain—burung nasar—terancam punah, seluruh dunia perlu mulai khawatir. Burung nasar semakin sulit ditemukan, menurut komentar  selain itu, perdagangan burung nasar juga memperburuk masalah ini.

Faktanya, burung nasar memainkan peranan penting dalam ekosistem dengan bertindak sebagai petugas kebersihan alam dan memakan bangkai hewan.

Baca Juga:5 Dinosaurus yang Dipercaya Masih HidupBesyukurlah,7 Hewan Laut Purba Mengerikan yang Sudah Punah

Mikroorganisme jahat seperti antraks dapat dikonsumsi dengan aman oleh burung nasar. Tanpa mereka, angka penyakit global pasti akan meningkat populasi burung nasar menurun selain itu ada juga beberapa jenis burung bangkai yang hampir punah.

Jenis burung apa sajakah itu berikut ini adalah 5 jenis burung bangkai yang hampir punah.

  1. Kondor Andes

Jenis burung bangkai yang hampir punah yang pertama ada kondor andes, Menurut Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), burung dengan nama ilmiah Vultur gryphus ini tergolong hampir terancam.

Burung ini terlihat terbang di atas langit di dataran tinggi Andes, sesuai dengan namanya Apa alasan di balik berkurangnya populasi burung kondor Andes, hal ini disebabkan oleh hilangnya habitat dan keracunan bangkai hewan yang dibunuh oleh pemburu, selain itu karena tingkat reproduksinya yang lama, burung condor Andean jauh lebih rentan dan terancam punah.

     2. Burung bangkai India

Jenis Burung bangkai yang hampir punah ke 2 ada burung bangkai India, Hering India (Gyps indicus).

Burung ini masuk dalam kategori sangat terancam punah dalam Daftar Merah IUCN. Burung ini sering mendiami daerah tempat tinggal manusia.

Burung-burung ini biasanya mencari makanan di dekat tempat pembuangan sampah dan rumah jagal.

Baca Juga:5 Makanan Khas Jerman yang Lezat, Mantul Dan Juga HalalBisa Seukuran Bus, 5 Hewan Laut Terbesar di Dunia

Mayat hewan selalu mengandung diklofenak yang berdampak kematian. Sejak tahun 1990-an, populasi burung ini mengalami penurunan yang cukup pesat, hingga 97%.

Upaya pembiakan sedang dimulai, namun hal ini merupakan tantangan karena burung nasar India belum mencapai kematangan seksual hingga mereka berusia 5 tahun.

0 Komentar