EFEKTIF !! Coba Terapkan 5 Cara Menulis Rapih dan Bagus di Buku Catatan!

Coba Terapkan 5 Cara Menulis Rapih dan Bagus di Buku Catatan!
Ada berbagai pendekatan atau cara yang bisa dimanfaatkan agar tulisan tangan menjadi bagus dan mudah dibaca saat menulis. Berikut beberapa teknik menulis yang baik, rapi, dan cepat yang dapat dipraktikkan di buku catatan. FOTO:@PINTEREST/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Bagi kamu yang ingin memiliki tulisan yang rapih dan bagus coba terapkan cara menulis rapih dan bagus pada buku catatan. Lakukanlah secra terus menerus agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menurut buku Menulis Cerita Merekam Sejarah, Peserta Pelatihan Menulis Quantum Learning, menulis merupakan aktivitas kognitif dan psikomotorik. Hal ini disebabkan karena bagian tubuh seperti tangan masih berfungsi.

Ada berbagai pendekatan atau cara yang bisa dimanfaatkan agar tulisan tangan menjadi bagus dan mudah dibaca saat menulis. Berikut beberapa teknik menulis yang baik, rapi, dan cepat yang dapat dipraktikkan di buku catatan.

Baca Juga:Bagi Pengguna Baru Ikuti Tutorial Pemakaian Iphone IniDaftar Harga iPhone 14 dan Iphone 15 di Indonesia

5 Cara Menulis Rapih dan Bagus di Buku Catatan

1. Pilihlah Kertas yang Tepat

Cara pertama adalah memilih kertas yang sesuai di buku catatan untuk ditulisi. Untuk memperbaiki tulisan tangan Anda, mulailah dengan kertas bergaris. Hal ini disebabkan adanya garis-garis yang membantu memusatkan dan menata tulisan.

Jika Anda terbiasa menulis di kertas bergaris, cobalah di kertas tidak bergaris untuk melihat apakah tulisan Anda rapi.

Karena tidak adanya batasan yang jelas ketika menulis pada kertas yang tidak bergaris, maka kerapian posisi surat menjadi lebih sulit diatur.

2. Gunakan Alat Tulis yang Nyaman Digunakan

Setelah memilih kertas yang sesuai, tulislah dengan alat tulis yang bagus dan nyaman. Saat menulis, Anda bisa menggunakan pulpen atau pensil sesuai kenyamanan atau kebutuhan Anda.

Pena dengan ujung kecil sangat ideal untuk menghasilkan tulisan kecil dan presisi. Sedangkan pensil atau pulpen yang ujungnya besar bisa digunakan untuk menulis lebih besar.

3. Posisikan Postur Tubuh dengan Benar

Posisikan tubuh Anda dengan benar dan nyaman saat menulis. Postur tubuh yang benar saat menulis akan menghasilkan tulisan yang lebih rapi dan pergerakan tangan yang lebih leluasa. Gangguan akan berkurang dan Anda akan dapat fokus menulis dengan benar, rapi, dan cepat.

Secara umum, posisi yang tepat adalah punggung lurus dan kaki rata di lantai, namun tidak kaku. Manfaatkan kursi yang bagus untuk menopang tubuh Anda dan merilekskannya.

0 Komentar