7 Jenis Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia

7 Jenis Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia
Aligator Gar merupakan salah satu ikan air tawar terbesar di dunia FOTO: Pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

4. Aligator Gar

Alligator gar adalah ikan terbesar kedua di Amerika Utara, ditandai dengan dua baris gigi besar dan moncong yang mirip buaya. Ikan ini merupakan ikan karnivora yang dapat hidup di air tawar dan air asin.

Alligator gar memiliki berat 158 kg dan panjangnya bisa mencapai 3 m. Ikan ini memiliki umur 50 tahun dan ditemukan di lembah Sungai Missisipi bagian bawah dan Negara Bagian Teluk Amerika Serikat.

5. Paddlefish

Ikan yang dikenal dengan nama paddlefish atau ikan dayung ini memiliki panjang maksimal lima hingga tujuh kaki dan berat sekitar 27 kg.

Baca Juga:5 Fakta Tentang Buaya Gharial : Buaya Eksotis Kini Keberadaannya yang Rentan TerancamPrediksi Wolves vs Manchester City EPL 2023-24 : Apakah Man City Mampu Mempertahankan Kemenangan Beruntun di EPL?

Ikan dayung Cina dan Amerika adalah dua spesies ikan dayung yang masih hidup hingga saat ini.

Paddlefish Tiongkok, yang kadang-kadang mencapai panjang tiga meter, saat ini terancam punah. Ikan paddlefish Amerika yang juga diidentifikasi sebagai hewan rentan, hidup di Great Lakes, Kanada.

6. Sturgeon Putih

Ikan sturgeon putih, ikan air tawar terbesar di Amerika Utara, dapat tumbuh hingga 3-6 meter dan beratnya hampir satu ton.

Ikan ini merupakan ikan purba yang penampilannya tidak berubah selama 175 juta tahun.

Ikan ini dapat ditemukan dari pantai barat Amerika Utara hingga Kepulauan Aleutian di utara, ikan sturgeon putih lebih menyukai habitat sungai, muara, dan laut.

Mereka bermigrasi ke sungai untuk bertelur dan memiliki umur 80 hingga100 tahun.

7. Taimen Siberia

Taimen Siberia adalah spesies terbesar dalam keluarga salmon. Ikan ini dapat dengan mudah ditemukan di sungai dan danau air tawar di Rusia, Mongolia, dan Asia Tengah.

Baca Juga:Prediksi Manchester United vs Crystal Palace EPL 2023/2024 : Akankah Setan Merah Menang Kembali?Prediksi Pekan 7 Seri A Liga Italia 2023-24 : Atalanta BC vs Juventus

Taimen Siberia dikenal sebagai predator yang agresif, memangsa hewan pengerat, burung, dan organisme lainnya.

Taimen Siberia terdaftar sebagai spesies yang terancam punah karena penurunan populasi yang disebabkan oleh polusi dan olahraga memancing.

Nah itu dia jenis – jenis ikan air tawar terbesar di dunia. Sebagian besar spesies ikan ini terancam punah. Sudah saatnya kita lebih memperhatikan konservasi agar ikan-ikan ini tidak punah. (*)

Simak berita dan artikel menarik lainnya di Google News.

0 Komentar