Biasa dijumpai, 4 Jenis Burung Sawah yang Sangat Mudah di Jumpai

Biasa dijumpai, 4 Jenis Burung Sawah yang Sangat Mudah di Jumpai
Burung ayam ayaman biasanya terdapat di banyak habitat sawah Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Jenis burung sawah yang sangat mudah di jumpai, Karena beberapa alasan, burung dapat ditemukan di sawah. Menemukan makanan adalah salah satunya.

Burung dapat menemukan banyak makanan di sawah, termasuk biji-bijian, serangga, dan invertebrata air seperti kepiting dan udang.

Karena lebih sering ditemukan di sawah dibandingkan di tempat lain, beberapa jenis burung, termasuk burung padi dan cucak rowo, bahkan disebut sebagai “burung sawah”.

Baca Juga:Disukai Reptiler, 5 Jenis Ular yang Bisa DipeliharaMengerikan, 5 Hewan Pemangsa Ular

Selain itu, sawah merupakan tempat yang baik bagi burung untuk bersarang dan mencari perlindungan.

Burung dapat membangun sarangnya pada tanaman yang tumbuh di sawah atau di gundukan padi. Beberapa burung, seperti perkutut dan burung pipit sawah, umumnya membangun sarangnya di dalam gundukan padi yang masih berkembang.

Sementara itu, adas manis mekar dan di pinggir sawah, burung cucak rowo biasanya membangun sarangnya di tengah dahan tanaman seperti bambu atau semak.

Oleh karena itu, sawah sangat penting bagi ekosistem secara keseluruhan dan kelangsungan hidup berbagai spesies burung.

Nah jenis burung apa sajakah itu berikut ini adalah : 4 Jenis burung sawah yang sangat mudah di jumpai.

  1. Bondol

Jenis burung sawah yang sangat mudah di jumpai pertama ada burung bondol Seekor burung pengicau kecil yang dikenal sebagai burung Bondol Jawa, atau Lonchura leucogastroides dalam jargon ilmiah, adalah pemandangan umum di Jawa dan Bali, Indonesia.

Burung ini berukuran kecil, dengan panjang tubuh hanya 10 cm. Burung Bondol Jawa mempunyai bulu berwarna putih pada bagian bawah dan bulu berwarna coklat keabu-abuan pada bagian atas.

Baca Juga:Populer, 5 Jenis Bebek Pedaging yang MenguntungkanSelain Semut, 5 Hewan yang Hidup Berkelompok

Selain hutan dan perkotaan, perkebunan dan pertanian juga menjadi rumah bagi burung Bondol Jawa biasanya, mereka memakan serangga mikroskopis dan biji-bijian dan kerap menjadi hama bagi petani sawah karena memakan pad yang siap panen.

  1. Burung Cici sawah

Jenis burung sawah yang sangat mudah dijumpai ke 2 yaitu burung cici sawah, Cici Sawah atau Burung Padi mempunyai bulu berwarna coklat muda pada tubuh bagian bawah dan coklat kekuningan pada tubuh bagian atas,  Panjang tubuhnya sekitar 13 hingga 14 cm dan berat sekitar 11 hingga 13 gram.

0 Komentar