Ternyata Begini ! 8 Cara Mengetahui Orang yang Sedang Berbohong Menurut Psikologi

Ternyata Begini ! 8 Cara Mengetahui Orang yang Sedang Berbohong Menurut Psikologi
Terdapat 2 orang yang sedang berinteraksi FOTO: Pinterest/RAKCER.ID
0 Komentar

Ciri khas orang yang gugup biasanya adalah keringat dingin, tangan dan kaki yang tidak tenang (bergerak), dll. Berbeda dengan orang yang jujur, dia akan lebih santai dan rileks dalam memberi tahu lawan bicaranya apa yang dia bicarakan.

4. Ekspresi Wajah

Memperhatikan ekspresi wajahnya adalah hal yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kebohongan lawan bicara kita. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Career Builder.

Orang yang berbohong cenderung muncul dengan wajah yang hampir tanpa ekspresi. Tempat-tempat di mana area mata sedikit mengecil, seperti ekspresi wajah saat mengalami kesedihan.

Baca Juga:Rekomended ! 5 Podcast Untuk Mengasah Kemampuan Belajar Bahasa InggrisHasil Liga Champions Borussia Dortmund vs AC Milan 2023-24 : Kedua Tim Harus Puas Berbagi Angka

5. Mengalihkan Topik Pembicaraan

Jika membicarakan suatu hal yang membuat Anda menjawab dengan kebohongan, orang yang berbohong pasti akan merasa tidak nyaman.

Selain itu, individu yang berbohong akan merasa lebih tidak nyaman jika kita menanyakan atau mendiskusikan sesuatu yang meragukan.

Sedemikian rupa sehingga dia berusaha mengalihkan topik pembicaraan. Mereka yang berbohong juga sering meminta kita untuk lebih sering membicarakan topik favorit kita agar kita tidak mencurigainya.

6. Berusaha Meyakinkan Kita Secara Berlebihan

Siapapun orangnya pasti tidak ingin kalau kebohongannya terbongkar di hadapan orang lain. Dia pasti akan berusaha untuk terus menutupinya agar tidak ketahuan.

Oleh karena itu, secara tidak sadar mereka pasti akan berusaha untuk meyakinkan lawan bicara secara berlebihan. Kata-kata yang biasanya digunakan, diantaranya “Percayalah”, “Sebenarnya” bahkan membawa-bawa nama Tuhan, “Demi Tuhan”, pada saat yang bukan tempatnya. Bukankah itu sudah berlebihan?

Dan satu hal yang harus diketahui bahwa orang yang jujur tidak perlu untuk meyakinkan lawan bicara secara berlebihan seperti penjelasan di atas karena kejujuran akan perkataannya pasti akan terlihat dari caranya berbicara, ekspresi wajah, dan sorot matanya.

7. Mengulang Pertanyaan

Mereka yang berbohong cenderung mengulang pertanyaan yang diajukan sebelum menjawabnya.

Baca Juga:7 Tips Hemat Budget Saat Ingin Liburan ke Yogyakarta8 Tips Mengatasi Grogi Saat Berbicara di Depan Umum

Hal ini dilakukan dengan tujuan mengulur waktu agar ia dapat memikirkan jawaban yang diberikan.

8. Memberikan Alasan yang Terlalu Panjang

Seperti yang kita semua tahu, kebohongan adalah memutar balikan fakta dan kenyataan. Seseorang yang berbohong biasanya mengarang cerita yang terkadang tidak masuk akal.

0 Komentar