Kebijakan Pembatalan Tiket Kereta Api Online
Melansir situs KAI Access, berikut ini kebijakan cara pembatalan tiket kereta api secara online melalui aplikasi KAI Access :
- Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon.
- Pembatalan tiket melalui KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid (Lunas) serta belum dicetak sebagai Boarding Pass. Jika lewat dari waktu tersebut maka pembatalan dilakukan di loket stasiun online pembatalan.
- Untuk pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
- Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank. Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
- Bilamana terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.
- Pembatalan secara online juga dapat dilakukan apabila pembelian sebelumnya melalui situs online selain aplikasi KAI Access dan kode booking dapat masuk ke menu My Trip dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI Access.
- Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat [email protected].
Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Secara Online
Berikut ini langkah-langkah cara pembatalan tiket kereta api secara online melalui aplikasi KAI Access:
- Buka aplikasi KAI Access di smartphone Anda. Aplikasi KAI Access dapat diunduh gratis di toko aplikasi Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).
- Klik menu “Tiket”.
- Kemudian pilih menu “Kode Booking” tiket yang akan dibatalkan.
- Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan perjalanan kereta api.
- Baca dan centang Syarat & Ketentuan kemudian “Lanjut” untuk proses pembatalan.
- Pada halaman Akun Bank, masukan akun bank dan nomor rekening dengan benar untuk pengembalian bea (refund). Dikenakan bea administrasi 25%.
- Lanjutkan proses pembatalan tiket. Pada halaman konfirmasi, pastikan pembatalan tiket kereta telah sesuai dengan yang dipilih pada tahap sebelumnya.
- Klik tombol “Ya Saya yakin” untuk proses selanjutnya. Selamat proses pembatalan tiket kereta api telah berhasil.
- Sebagai informasi, transfer pengembalian bea selama 30-45 hari kemudian.