Mengenal Cacar Monyet, Gejala yang Ditimbulkan dan Pengobatannya

Cacar monyet
Cacar monyet ditemukan di indonesia foto : @pinterest @cacarmonyet-rakcer.id
0 Komentar

Kemudian, faktor lain dapat menular melalui kontak dengan penderita cacar monyet.

Menggunakan air liur atau cairan tubuh lain dari penderita cacar monyet, atau berbagi barang pribadi dengannya, misalnya.

Gejala yang ditimbulkan cacar monyet

Gejala cacar monyet sering kali muncul 6 hingga 16 hari setelah seseorang terkena virus. Menurut WHO, ada dua periode infeksi berdasarkan gejala cacar monyet:

Baca Juga:Waspada! Cacar Monyet Dikonfirmasi Ditemukan di Indonesia, Begini Jawaban KemenkesIsrael Gempur RS Baptis Al-Ahli Gaza hingga Tewaskan 500 Warga Sipil

  1. Era Invasi

Masa invasi terjadi antara 0 dan 5 hari setelah infeksi virus, dan faktor-faktor berikut berkontribusi terhadap sejumlah gejala:

  • sakit kepala yang parah
  • Demam
  • sakit punggung
  • Defisiensi (astenia)
  • Nyeri otot
  • mual dan muntah (terutama pada orang yang pernah digigit binatang langsung)
  • Kelenjar getah bening yang membengkak (limfadenopati)
  1. Waktu Letusan Kulit

Gejala utama tahap erupsi kulit adalah timbulnya ruam pada kulit, yang biasanya terjadi 1 hingga 3 hari setelah pasien mengalami demam. Wajah awalnya akan terkena ruam.

Ruam biasanya timbul pada kulit 1 hingga 3 hari setelah pasien mengalami demam.

Wajah awalnya akan terkena ruam.

Setelah itu, ruam mulai menyebar ke seluruh tubuh, mulai dari tangan hingga kaki, tidak hanya hingga area sekitar wajah.

Ruam dimulai sebagai bercak, berkembang menjadi vesikel (lepuh berisi cairan), dan akhirnya menjadi kerak.

Cara mendeteksi atau mengobati cacar monyet

Tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dapat mengidentifikasi cacar monyet. Infeksi cacar monyet saat ini tidak memiliki pengobatan khusus, dan sebagian besar korban dapat sembuh dengan sendirinya.

Obat antivirus dan imunoglobulin dapat digunakan untuk mengobati infeksi virus cacar monyet karena mirip dengan penyakit cacar pada umumnya, terutama pada pasien dengan gejala sedang.

Baca Juga:Asma Nadia Protes Film ‘Air Mata Di Ujung Sajadah’ Mirip dengan Novelnya hingga Sebut Langgar HKI dan Merugikan PenulisRed Velvet Comeback Mode Dark dengan Rilis Poster dan Jadwal Album ‘What A Chill Kill’ Pada 13 November

Sekadar informasi, sistem kekebalan tubuh memproduksi globulin imun, yang juga dikenal sebagai protein antibodi, untuk melawan penyakit dan infeksi.

Demikian ulasan mengenai apa itu cacar monyet, gejala yang ditimbulkan hingga cara mengobatinya.

Simak berita dan artikel menarik lainnya di google news. (*)

0 Komentar