Mengapa Umur Laki-laki Lebih Pendek Dibandingkan Perempuan? Simak 5 Penjelasan Berikut

umur
Fakta menarik dalam studi harapan hidup laki-laki dan perempuan. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.IDUmur seseorang merupakan hasil dari berbagai faktor, termasuk genetika, gaya hidup, dan faktor lingkungan.

Salah satu fakta menarik dalam studi harapan hidup adalah perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan perempuan. Data dari berbagai sumber telah menunjukkan bahwa umur laki-laki cenderung lebih pendek dibandingkan perempuan.

Misalnya, menurut laporan pemerintah Amerika Serikat, rata-rata harapan hidup perempuan adalah 79,3 tahun, sementara laki-laki hanya mencapai 73,5 tahun.

Baca Juga:5 Website AI untuk Membuat Poster Disney Pixar yang Lagi Viral di Medsos, Wajib Coba!7 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Meditasi Pagi Hari, Jadi Banyak Manfaatnya Ternyata!

Simak Penjelasan Perbandingan Laki-Laki dan Perempuan Terkait Umur

Apa yang menyebabkan perbedaan ini? Ada beberapa faktor yang dapat menjelaskan fenomena ini, seperti yang diungkapkan oleh sejumlah pakar dalam laporan dari Huffpost:

1. Pengaruh Hormon

Salah satu faktor yang memengaruhi perbedaan harapan hidup antara laki-laki dan perempuan adalah hormon, khususnya estrogen. Estrogen membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dengan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan fungsi sel endotel. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi risiko aterosklerosis, penyebab utama penyakit jantung.

Estrogen juga dapat mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Sifat anti-inflamasi estrogen juga membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Perilaku Berisiko Laki-laki

Laki-laki cenderung lebih suka melakukan perilaku berisiko yang dapat membahayakan kesehatan mereka. Ini mencakup merokok, mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan, menggunakan obat-obatan terlarang, dan memilih makanan yang tidak sehat.

Perilaku-perilaku ini meningkatkan risiko penyakit kronis seperti hipertensi, hiperlipidemia, diabetes, penyakit paru obstruktif kronik, penyakit ginjal kronis, sirosis hati, dan obesitas.

Selain itu, laki-laki sering memiliki pekerjaan yang berisiko tinggi, mengemudi secara ceroboh, dan mengambil risiko dalam olahraga, yang dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera yang memperpendek umur mereka.

3. Pilihan Makanan

Riset menunjukkan bahwa perempuan lebih cenderung mengonsumsi makanan sehat dan bergizi secara teratur. Mereka juga lebih sering membeli bahan makanan, merencanakan menu, dan berkonsultasi dengan ahli gizi.

Baca Juga:6 Rekomendasi Jenis Batu dan Tempat Penempatannya, Menghadirkan Keseimbangan dengan Batu Kristal Didalam Rumah6 Cara Menyelaraskan Kembali Energi Cakra, Kunci Menuju Keseimbangan Mental dan Fisik

Pilihan makanan yang lebih baik membantu menjaga keseimbangan tubuh dan membuat otot dan tulang menjadi lebih kuat.

0 Komentar