Rekomendasi Kuliner Khas Solo Yang Nikmat Dan Murah

Rekomendasi Kuliner Khas Solo Yang Nikmat Dan Murah
Kuliner khas Solo memiliki banyak sekali jenisnya mulai dari sate buntel, timlo dan masih banyak lagi yang lainnya. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Kuliner khas Solo memiliki banyak sekali jenisnya mulai dari sate buntel, timlo dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh pengaruh Belanda, Cina, dan Arab. Pada masa penjajahan Belanda, salah satu makanan khas yang menjadi lambang daerah Solo adalah bestik dan selat Solo.

Solo adalah sebuah kota di provinsi Jawa Tengah. Solo yang sering disebut kota batik ini menawarkan sejumlah hal yang bisa membuat perjalanan kamu ke sana berkesan. Mirip dengan daerah lain di Indonesia, Solo menawarkan beragam pilihan kuliner lezat. Selat Solo merupakan salah satu yang terkenal.

Berikut adalah 5 rekomendasi kuliner khas solo yang bisa kamu cicipi saat berkunjung nanti:

  1. Serabi Solo

Masakan klasik Solo ini terkenal dengan perpaduan bahan manis dan asin. Dibuat dari tepung beras dan ragi, serabi biasanya disajikan dengan keju, taburan, dan topping lainnya. Namun jika kamu memakannya tanpa menambahkan apa pun, kamu akan mendapatkan rasa yang sebenarnya. Serabi mudah didapat di Kota Solo dan biasanya dibungkus dengan daun pisang yang digulung.

Baca Juga:Rekomendasi Makanan Khas Surabaya Yang Wajib Masuk List Saat BerkunjungRekomendasi Tempat Makan Legendaris Di Bandung Yang Cocok Untuk Makan Malam

  1. Selat Solo

Hidangan ini merupakan perpaduan cita rasa Eropa dan Jawa, mirip dengan steak ala Barat. Mayones biasanya ditambahkan ke selat saja, menunjukkan pengaruh masakan Barat yang lezat. Selain kecap manis yang biasa digunakan pada masakan jawa.

  1. Tengkleng

Tengkleng pada dasarnya dimasak dengan tulang kambing. Kari kambing sangat mirip dengan hidangan ini. Berbeda dengan kari, resep ini tidak menggunakan santan. Bentuk tengkleng saat ini dibuat dengan memasak sisa tulang, antara lain tengkorak kambing,  kaki, dan organ dalam. Tengkleng biasanya dikonsumsi utuh, beserta jeroan, otak, dan organ lainnya.

  1. Bakmi ketoprak

Hidangan umum di Jawa adalah bakmi. Bakmi ketoprak, juga dikenal sebagai toprak, adalah hidangan mie buatan pabrik yang dipadukan dengan potongan tahu dan sayuran. Meski namanya mirip dengan ketoprak masakan Jakarta yang populer, kedua hidangan ini sangat berbeda dalam hal persiapan dan penyajian. Bakmi ketoprak memiliki saus di atasnya, sedangkan ketoprak Jakarta biasanya memiliki saus kacang. Selain itu, mie ketoprak juga dilengkapi dengan irisan tetelan daging sapi, lengkap dengan bawang goreng dan seledri.

0 Komentar