Viral Ilustrasi Semangka Digunakan di Medsos sebagai Bentuk Dukung Palestina, Apa Maknanya?

Semangka
Semangka sebagai simbol peralwanan rakyat palestina foto istimewa : @instagram @semangka -rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID– Protes terhadap Israel semakin intens di tengah konflik anatra palestina dan Israel.

Lambang semangka kini digunakan untuk menunjukkan solidaritas terhadap Palestina.

Simbol semangka di media sosial menjadi cara inovatif sejumlah netizen untuk menunjukkan dukungannya terhadap Palestina. Namun sebenarnya simbol ini sudah digunakan sejak lama.

Sebuah gambar semangka baru saja diposting di Instagram oleh organisasi Suara Yahudi untuk Perdamaian, yang menganjurkan gencatan senjata ketika pertumpahan darah di Gaza semakin memburuk.

Baca Juga:Asal Usul Semangka jadi Simbol Perlawanan Rakyat Palestina Terhadap IsraelSelena Gomez Dikritik Netizen Usai Sebut akan Pamit dari Medsos, Kenapa?

Orang-orang memposting surat terbuka bertema semangka dari mantan ajudan Bernie Sanders yang memohon kepada senator untuk memperlihatkan senjata api, poster bertema semangka, dan emoji semangka ke profil Instagram mereka.

Tak hanya itu, melalui cuitan akun @tanyakanrl, pengunggah menyinggung soal dukungan selebriti Hollywood terhadap Palestina.

Namun, dia tidak menyebut nama Palestina dalam tweet tersebut, melainkan menggunakan emoji semangka untuk menandai negara tersebut.

Selain itu, netizen lain melalui akun @tanyarl juga mengungkap semangka menjadi simbol dukungan terhadap Palestina di media sosial.

Begitu pula dalam catatan salah satu fitur terbaru di Instagram, banyak pengguna Instagram yang menyematkan emoji semangka.

Lalu mengapa semangka diasosiasikan dengan Palestina?

Alasan semangka jadi symbol dukungan untuk palestina

Alih-alih bendera Palestina yang biasanya menyertai pos-pos dukungan, gambar semangka telah digunakan sebagai gantinya.

Banyak netizen atau penggiat media sosial lainnya yang kemudian memperhatikan hal ini.

Baca Juga:Davichi akan Comeback Pada November 2023 setelah Hiatus Hampir 1 TahunKolombia Usir Duta Besar Israel Karena Lakukan Serangan ke Jalur Gaza

Dukungan terhadap Palestina bisa diungkapkan dengan mengunggah karya seni bertema semangka.

Gambar semangka menjadi simbol dukungan terhadap Palestina yang populer di kalangan netizen karena beberapa alasan.

  1. Gambar semangka digunakan untuk menghilangkan ketakutan akan larangan media sosial.Hal ini dilakukan untuk menutupi sifat dukungan tersebut tanpa mengurangi tujuan utamanya, yaitu untuk menyatakan solidaritas terhadap Palestina.
  1. Warna irisan semangka cocok dengan warna bendera Palestina. Warna semangka merah, hijau, putih, dan hitam sama dengan warna pada bendera Palestina, terlihat dari sejumlah gambar yang beredar di media sosial. Hal ini meningkatkan popularitas semangka sebagai alternatif bendera Palestina.
  2. Buah yang tumbuh subur dan disukai di Palestina adalah buah semangka. Dari Jenin hingga Gaza, semangka ditanam di seluruh Palestina. Masyarakat pun aktif membagikan semangka dengan berbagai caption, mulai dari selebriti hingga ustadz.
0 Komentar