5 Fakta Menarik Burung Dodo. Burung Asal Pulau Mauritius yang Tidak Bisa Terbang

5 Fakta Menarik Burung Dodo. Burung Asal Pulau Mauritius yang Tidak Bisa Terbang
Burung dodo adalah burung yang sudah punah Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Dodo merupakan binatang omnivora karena ia juga memakan ikan, udang, dan kepiting. Dodo unik karena memakan batu untuk membantu pencernaan.

Dahulu orang membahas cara membedakan musim hujan dan kemarau. Khususnya dengan mengamati kebiasaan Dodo.

Menjelang akhir musim hujan, hewan-hewan ini biasanya makan buah secara berlebihan untuk menambah berat badan.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Burung Auk Kecil, Si Kecil yang Mempunyai Nafsu Makan yang Besar5 Fakta Menarik Burung Auk Besar, Burung Besar yang Sudah Punah

Untuk bertahan hidup di musim kemarau, ketika persediaan makanan sedikit, dodo mengambil tindakan ini.

  1. Tidak bisa terbang tetapi bisa lari dengan cepat

Fakta menarik burung dodo ke 4 adalah tidak bisa terbang tetapi bisa lari dengan cepat, Penelitian terhadap tulang kaki Dodo menunjukkan bahwa ia adalah pelari yang cukup cepat.

Ia dapat bergerak dengan cepat dan kakinya cukup kuat untuk menopang berat badannya, Sayapnya yang pendek dan kecil mencegahnya terbang sementara itu. Otot sayap dan dada Dodo juga lemah.

Secara alami, dodo tidak memiliki predator. Menurut beberapa ilmuwan, kurangnya predator pada dodo inilah yang menyebabkan ia kehilangan kemampuannya untuk terbang. Tubuh dodo akhirnya beradaptasi sehingga menghasilkan sayap yang lebih kecil dan kurang berfungsi.

  1. Bertelur dipermukaan tanah

Fakta menarik burung dodo ke 5 adalah bertelur di permukaan tanah, Dodo merasa nyaman karena tidak memiliki predator alami dan memutuskan untuk bertelur di tanah. Selama musim kawin, dodo biasanya hanya bertelur satu butir besar.

Faktanya, hewan seperti burung bertelur banyak untuk meningkatkan kemungkinan telur menetas.

Pada akhirnya kebiasaan Dodo ini mempunyai kekurangan tersendiri. Hewan yang diimpor oleh imigran Eropa membahayakan keberadaan Dodo.

Baca Juga:5 Burung Terbang Dengan Kecepatan Tinggi, Di DuniaRencana Pembangunan Jalan Lingkar Utara Kuningan – Cirebon, Demi Kemajuan Ekonomi Daerah Namun Masih Terkendala Oleh Pembebasan Lahan dan Masih Ada PR Lain

Awalnya, babi, kucing, tikus, dan monyet berubah menjadi liar dan ganas. Dodo perlahan-lahan kehilangan spesiesnya karena semakin terkurung.

Nah itu tadi adalah 5 fakta menarik burung dodo semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan kamu.(*)

0 Komentar