5 Fakta Menarik Komodo, Kadal Purba yang Hidup Di Indonesia

5 Fakta Menarik Komodo, Kadal Purba yang Hidup Di Indonesia
Komodo adalah hewan reptil purba yang masih hidup Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID- Fakta menarik komodo, Komodo, kadal terbesar, hanya ditemukan di Kepulauan Komodo, Indonesia.

Hewan ini memiliki panjang maksimal sepuluh kaki. Komodo sebenarnya bisa memiliki berat hingga 150 pon.

Komodo terkenal sebagai pemburu yang ahli karena mereka memiliki kemampuan untuk merasakan makanan bahkan dari jarak jauh. Hal ini disebabkan indera penciuman komodo yang sangat berkembang.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Burung Cuckoo, Burung yang Sangat Licik dan Kejam6 Fakta Menarik Burung Elang Merlin, Burung Elang Kecil Namun Sangat Cepat Menyambar Mangsanya

Lalu fakta apa saja yang dimiliki oleh komodo berikut ini adalah : 5 Fakta menarik komodo.

  1. Kanibal

Fakta menarik komodo, Komodo dewasa bisa saja memburu komodo yang lebih muda. Oleh karena itu, komodo remaja hidup di arboreal, atau di pepohonan, untuk melindungi diri dari serangan komodo dewasa.

Komodo yang masih muda memiliki tubuh yang lebih kecil, ramping, cakar yang tajam, dan kekuatan memanjat.

Namun, tidak demikian halnya dengan komodo dewasa. Dengan menggunakan teknik ini, naga remaja terlindungi dari kejaran naga dewasa.

Selain itu, komodo mempunyai mekanisme pertahanan tambahan terhadap komodo dewasa. Dengan berguling-guling di kotoran, komodo muda sering kali menempelkan tubuhnya ke tubuh komodo dewasa.

Cara menempelkan kotoran komodo dewasa pada tubuh bayi komodo untuk menyembunyikan indera penciuman komodo dewasa yang sangat tajam dari aroma asli tubuh komodo muda.

  1. Kulitnya sangat tebal

Fakta menarik komodo ke 2 yaitu kulitnya sangat tebal, Karena sifatnya yang agresif, komodo mempunyai kemampuan untuk menyerang satu sama lain jika merasakan kegelisahan atau gangguan satu sama lain.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Burung Elang Haast, Sang Burung Predator Raksasa5 Fakta Menarik Burung Junai Emas, Burung yang Sangat Eksotis

Komodo mempunyai watak agresif, yang menyebabkan mereka mengubah kulit luarnya untuk bertindak sebagai perisai tubuh bagian dalam.

Alasan mengapa kulit Komodo tampak begitu kuat dan tebal adalah karena struktur kulit berbasis tulangnya yang sederhana.

Osteodermata adalah sebutan untuk susunan tulang kecil ini. Tulang-tulang kecil ini terbentuk sejak lahir bukanlah struktur tulang bawaan.

Namun sepanjang hidup komodo, tulang-tulang ini tumbuh. Tulang kecil komodo tumbuh di bawah kulitnya seperti lingkaran pohon.

  1. Memiliki air liur beracun

Fakta menarik komodo ke 3 yaitu  memiliki air liur beracun, Komodo meninggalkan korbannya dengan luka yang dalam akibat serangannya. Racun komodo akan meresap ke dalam jaringan darah dari luka yang cukup besar ini dan menginfeksinya.

0 Komentar