5 Fakta Menarik Burung Kowak Malam, Burung Kuntul Yang Bersuara Seperti Gagak

5 Fakta Menarik Burung Kowak Malam, Burung Kuntul Yang Bersuara Seperti Gagak
Burung kowak malam adalah sejenis burung kuntul Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Spesies ini berkerabat dekat dengan bangau malam Nankeen, kerabatnya yang tinggal di Australia.

Di wilayah yang wilayah jelajahnya tumpang tindih, seperti Indonesia (Jawa dan Sulawesi) dan Filipina, keduanya sering berkembang biak secara bersamaan.

  1. Burung kuntul yang gemuk

Fakta menarik burung kowak malam yang ke 3 yaitu burung kuntul yang gemuk, Kowak malam abu memiliki tubuh yang montok, berbeda dengan burung kuntul pada umumnya yang memiliki tubuh langsing dengan leher dan kaki yang panjang. Kepalanya sangat besar, panjang tubuhnya berkisar antara 58 hingga 72 sentimeter, dengan berat rata-rata 800 gram. Leher dan kakinya pendek.

Baca Juga:6 Fakta Menarik Burung Pelican, Sudah ada Sejak Tiga Puluh Juta Tahun5 Fakta Tentang Rusa Kutub, Rusa yang Biasa Dijadikan Ajang Balap Di Finlandia

Sangat mudah untuk mengidentifikasi burung ini. Mereka memiliki sayap dan ekor berwarna keabu-abuan, sesuai dengan namanya, Sedangkan bulu di bagian belakang dan atas kepala berwarna hitam.

kowak-malam abu  remaja mempunyai penampakan yang khas. Perutnya berwarna terang dan kulitnya cokelat. Warna bulunya baru mirip dengan induknya saat berumur tiga tahun.

  1. Sangat Suka Makan ikan

Fakta menarik burung kowak malam ke 4 adalah sangat suka makan ikan, Ikan adalah makanan kowak malam kelabu.

Mereka sering muncul di perairan dangkal, membungkuk, mencari ikan. Tapi burung ini tidak hanya memakan ikan, ia juga memakan serangga, moluska, kepiting, dan lintah.

Kowak malam abu-abu merupakan spesies nokturnal yang mencari makan dari pagi hingga dini hari.

Gaya hidup nokturnal diyakini membantu spesies tersebut menghindari persaingan dengan spesies lain untuk mendapatkan makanan. Mereka akan makan kapan saja mereka mau jika makanan berlimpah.

Burung ini menggunakan kecepatan membuka dan menutup paruhnya di dalam air sebagai taktik berburu. Hal ini menciptakan gelombang yang menarik minat mangsanya.

Baca Juga:5 Fakta Tentang Wildebeest, Hewan Afrika yang Tangguh dan Juga Hidup Berkelompok6 Fakta Unik Kambing Gunung, Si Pemanjat Tebing Berkaki 4

  1. Bersarang dalam kelompok

Fakta menarik burung kowak malam yang ke 5 adalah bersarang dalam kelompok, burung kowak malam bersarang dalam koloni besar, sama seperti burung air lainnya.

Dua belas sarang dapat membentuk satu koloni di satu pohon. Diketahui, koloni burung ini telah bertahan selama lebih dari 50 tahun.

Burung kowak malam dilaporkan bersarang tanpa masalah bersama spesies burung lain, termasuk ibis dan berbagai jenis kuntul, selain jenisnya sendiri.

0 Komentar