6 Fakta Menarik Burung Pelican, Sudah ada Sejak Tiga Puluh Juta Tahun

6 Fakta Menarik Burung Pelican, Sudah ada Sejak Tiga Puluh Juta Tahun
Burung pelican mempunyai paruh yang besar Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Kantong paruhnya yang besar paling sering digunakan sebagai jaring untuk menangkap ikan. Burung pelikan langsung membuang air dengan cara memiringkan paruhnya begitu ikan tersangkut di dalamnya, lalu menelan ikan tersebut.

Sungguh menakjubkan bahwa tas yang dapat diperluas ini dapat menyimpan tiga galon air, atau sebelas liter, tiga kali lebih banyak dari yang dapat ditampung perutnya.

  1. Perenang yang handal

Fakta menarik burung pelican ke 5 adalah perenang yang handal, Dengan sayapnya yang lebar, burung pelikan tidak hanya piawai terbang namun juga mahir berenang.

Baca Juga:5 Fakta Tentang Rusa Kutub, Rusa yang Biasa Dijadikan Ajang Balap Di Finlandia5 Fakta Tentang Wildebeest, Hewan Afrika yang Tangguh dan Juga Hidup Berkelompok

Keempat jari kaki mereka disatukan oleh selaput di kaki mereka, memungkinkan mereka mengayuh air dengan kuat.

Selain itu, burung pelikan mengoleskan minyak pada bulunya untuk mencegah tenggelam. Terletak di dekat pangkal ekor adalah kelenjar minyak ini.

Untuk membantu mereka tetap bertahan, kantong udara juga ditemukan di bulu dan tulang mereka.

  1. Cara menangkap ikan yang berbeda – beda

Fakta menarik burung pelican ke 6 yaitu cara menangkap ikan yang berbeda – beda, Setiap subspesies pelikan memiliki teknik unik dalam menangkap ikan. Ambil contoh burung pelikan coklat. Jenis pelikan terkecil senang menyelam langsung ke dalam air untuk menangkap ikan.

Lalu ada kelompok pemburu pelikan Australia. Ikan dengan cepat ditangkap oleh burung pelikan berparuh bintik, yang mendekati mereka dengan hati-hati dan berenang dengan kecepatan tinggi.

Yang lebih licik lagi adalah spesies pelikan Dalmatian. Mereka akan berburu bersama burung kormoran.

Segera setelah burung kormoran menyelam dan ikannya berenang ke permukaan, pelikan Dalmatian langsung menangkap mereka dengan paruhnya yang besar.

Baca Juga:6 Fakta Unik Kambing Gunung, Si Pemanjat Tebing Berkaki 45 Fakta Unik Tapir, Hewan Dengan Visualisasi yang Unik

Nah itulah 6 fakta menarik burung pelican semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan kita.(*)

0 Komentar