6 Fakta Unik Kambing Gunung, Si Pemanjat Tebing Berkaki 4

6 Fakta Unik Kambing Gunung, Si Pemanjat Tebing Berkaki 4
Kambing gunung adalah hewan yang bisa memanjat tebing Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID- Fakta unik kambing gunung, Ada sejenis mamalia yang bisa bergerak melintasi medan kasar dan berbatu ratusan meter di atas tanah di Amerika Utara.

Kakinya mencengkram bebatuan yang tajam dan licin dengan cengkeraman yang kokoh. Hal ini memudahkan melompat-lompat untuk mencari rumput dan menghindari predator.

Kambing gunung (Oreamnos americanus) adalah namanya. Ini adalah mamalia Amerika Utara dengan rambut tebal yang berasal dari Pegunungan Rocky.

Baca Juga:5 Fakta Unik Tapir, Hewan Dengan Visualisasi yang Unik5 Fakta Menarik Komodo, Kadal Purba yang Hidup Di Indonesia

Lalu fakta unik apa saja yang dimiliki kambing gunung ini berikut adalah : 6 Fakta unik kambing gunung.

  1. Kambing tapi bukan kambing

Fakta unik kambing gunung yang pertama yaitu kambing tapi bukan kambing, Mamalia ini bukanlah seekor kambing, padahal ia bernama kambing gunung atau disebut demikian dalam bahasa Inggris.

Dalam genus Oreamnos, mereka adalah satu-satunya spesies. Kambing merupakan anggota genus Capra, yang mencakup kambing domestik dan liar.

Karena keduanya termasuk dalam subfamili yang sama maka kambing gunung Caprinae merupakan mamalia yang berkerabat dekat dengan kambing dibandingkan dengan kambing yang biasa kita kenal.

  1. Ahli panjat tebing

Fakta unik kambing gunung ke 2 yaitu ahli panjat tebing, Rahasianya ada di bawah kaki mereka, jika Anda bertanya-tanya bagaimana mereka bisa bermanuver melintasi medan berbatu dan terjal dengan keterampilan seperti itu.

Karena desainnya yang unik, telapak kaki kambing gunung memiliki dasar elastis mirip karet yang berkontraksi seperti pengisap di bawah tekanan.

Saat mereka melangkah, jari-jari kakinya akan melebar sehingga memungkinkannya “mencengkeram” dengan kuat pada permukaan yang miring.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Burung Cuckoo, Burung yang Sangat Licik dan Kejam6 Fakta Menarik Burung Elang Merlin, Burung Elang Kecil Namun Sangat Cepat Menyambar Mangsanya

Kelincahan dan keseimbangan kambing gunung sebagian besar disebabkan oleh tubuh mereka yang berotot dan kaki yang pendek dan kuat.

Mereka mempunyai kemampuan untuk bergelantungan di tepi tebing, melompat dari satu tebing ke tebing lainnya, dan menarik tubuhnya hanya dengan dua kaki depannya. Pecandu adrenalin, terutama yang memanjat batu, pasti akan gigit jari karenanya.

  1. Tidak punya predator

Fakta unik kambing gunung ke 3 tidak punya predator, Mengingat habitatnya yang menyebabkan berkurangnya predator ganas terlebih dahulu, kurangnya predator pada kambing gunung bukanlah hal yang mengejutkan.

0 Komentar