Desain Rumah Adat Paling Populer di Indonesia

Desain Rumah Adat Paling Populer di Indonesia
Karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku dan budaya, maka rumah adat di Indonesia sangatlah beragam. FOTO:PINTEREST/RAKCER.ID
0 Komentar

3. Rumah Adat Sumatera Utara: Bolon

Bolon adalah tempat tinggal tradisional Batak di Sumatera Utara. Bolon hadir dalam berbagai varian di Sumatera Utara, antara lain Bolon Simalungun, Bolon Pakpak, Bolon Angkota, Bolon Karo, dan lain-lain.

Rumah bolon, yaitu rumah panggung berbentuk persegi panjang, biasanya dibangun dengan tiang penyangga setinggi 1,75 meter. Penghuni dan pengunjung harus menaiki tangga yang jumlahnya selalu ganjil.

Rumah adat ini dibedakan dari bentuknya yang panggung, yaitu tersusun dari beberapa tiang dengan garis tengah. Dinding rumah dihiasi ornamen tradisional Simalungun dengan warna merah, putih, dan hitam. Ornamen ini mewakili keyakinan kosmologis dan filosofi budaya suku Batak.

Baca Juga:Inilah 4 Perbedaan Tiger 3 dengan Tiger Zinda Hai yang Paling MenonjolIntip Sinopsis The Shepherd yang Akan Tayang 1 Desember 2023 di Disney+

Itulah 3 desain rumah adat paling populer di Indonesia. Sebenarnya masih ada banyak desain rumah adat yang populer di Indonesia.(*)

Simak berita dan artikel menarik lainnya di Google News.

0 Komentar