5 Fakta Tentang Ikan Arapaima, Ikan Terbesar Di Dunia yang Hidup Di Sungai Amazon

5 Fakta Tentang Ikan Arapaima, Ikan Terbesar Di Dunia yang Hidup Di Sungai Amazon
Ikan arapaima adalah ikan terbesar di dunia Foto Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta tentang ikan arapaima, Ikan arapaima ini sempat menghebohkan Jawa Timur , ikan predator yang ditemukan di Sungai Amazon, apalagi seorang pengepul di Sungai Brantas, Mojokerto, melepas puluhan ikannya.

Menteri Perikanan dengan keras menuntut agar ikan-ikan tersebut ditangkap kembali dan dimusnahkan, yang kemudian menimbulkan kegaduhan di masyarakat karena ukuran ikan tersebut yang sangat besar.

Karena dianggap mengganggu keseimbangan ekosistem, ikan ini tidak diperbolehkan hidup bebas di perairan Indonesia.

Baca Juga:5 Fakta Tentang Harimau Jawa, Jenis Harimau yang Sudah Punah5 Fakta Unik Ikan Patin Raksasa Mekong, Jenis Ikan Air Tawar Terbesar Di Dunia

Lalu fakta apa saja yang ada pada ikan arapaima ini berikut adalah : 5 Fakta tentang ikan arapaima.

  1. Ikan yang Rakus dan Kuat

Fakta tentang ikan arapaima pertama yaitu ikan yang rakus dan kuat, Arapaima adalah perenang yang kuat karena struktur tubuhnya yang efisien dan ramping, sirip dubur dan punggung, serta sirip ekor.

Mereka sebenarnya bisa muncul dari air untuk memangsa berbagai macam makhluk lain, termasuk katak, burung, dan belalang.

Karena ukurannya, Arapaima dianggap sebagai predator rakus yang memakan ikan lain dengan sangat rakus sehingga menyebabkan ekosistem menderita dan ikan lokal punah.

Dilaporkan juga bahwa arapaima dapat dengan mudah terjungkal dari perahu nelayan yang ditabraknya karena ukuran, bentuk, dan kekuatannya yang sangat besar. sangat kuat.

  1. Lawan yang cukup tangguh

Fakta tentang ikan arapaima ke 2 yaitu lawan yang cukup tangguh, Secara alami, arapaima yang menghuni sungai yang dipenuhi ikan piranha ini memiliki pertahanan luar biasa berupa sisik berwarna hijau kehitaman dan memiliki banyak lapisan serat kolagen di bawah lapisan luarnya yang keras, bergelombang, dan terkorosi.

Arapaima dapat hidup di sungai dimana ikan lain tidak dapat hidup karena kekuatan sisiknya yang melindunginya dari gigi setajam silet piranha.

Baca Juga:5 Fakta Unik Ikan Lele, Ikan yang Bisa Beradaptasi di Berbagai Habitat5 Fakta Menarik Ikan Koi, Primadona Ikan Hias Sejak Dahulu

  1. Monster Air

Fakta tentang ikan arapaima ke 3 adalah monster air, Seringkali beratnya lebih dari dua meter seratus kilogram.

Yang lebih mencengangkan lagi adalah ikan arapaima yang memiliki berat lebih dari 200 kg dan panjang lebih dari 4,5 meter telah didokumentasikan! Sungguh monster, wow!

Sebaliknya, data arapaima terbesar di dunia tercatat ratusan tahun lalu, sekitar pertengahan tahun 1800-an.

0 Komentar