5 Fakta Unik Ikan Patin Raksasa Mekong, Jenis Ikan Air Tawar Terbesar Di Dunia

5 Fakta Unik Ikan Patin Raksasa Mekong, Jenis Ikan Air Tawar Terbesar Di Dunia
Ikan giant catfish maekong adalah ikan air tawar terbesar Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Fakta unik ikan patin raksasa Mekong, Mungkin Anda sudah mengetahui sebelumnya bahwa ada makhluk laut yang sangat besar.

Hewan terbesar di dunia, paus biru, yang panjangnya bisa mencapai 32 meter dan berat 200 ton, adalah contoh utama.

Hiu paus dengan panjang maksimal kurang lebih 10 meter menyandang predikat ikan terbesar untuk saat ini.

Baca Juga:5 Fakta Unik Ikan Lele, Ikan yang Bisa Beradaptasi di Berbagai Habitat5 Fakta Menarik Ikan Koi, Primadona Ikan Hias Sejak Dahulu

Bagaimana dengan ikan yang menghuni lingkungan air tawar? Ukurannya bisa membuat kita merinding, meski ukurannya tidak sebesar ikan laut. Ayo, izinkan saya memperkenalkan Anda dengan yang terbesar di antara mereka, ikan patin raksasa Mekong yaitu : 5 Fakta unik ikan patin raksasa Mekong.

  1. Sudah sangat langka

Fakta unik ikan patin raksasa Mekong, Ikan lele besar Mekong tentu tidak lepas dari ancaman kepunahan meski ukurannya sangat besar.

Sebenarnya saat ini ada ancaman serius terhadap kedudukan mereka. Dalam satu abad terakhir saja, diperkirakan sekitar 95% populasi mereka mengalami penurunan.

Menurut beberapa ahli, hanya beberapa ratus ikan dewasa yang diperkirakan ada di Sungai Mekong.

Apa yang menyebabkannya? Penangkapan ikan yang berlebihan adalah masalah utama di antara beberapa masalah lainnya.

Merupakan praktik umum untuk menangkap ikan ini untuk dimakan. Kerusakan tempat berkembang biak, pembangunan bendungan yang menghalangi jalur migrasi, dan kontaminasi air yang signifikan dari tanah dan mineral lainnya juga merupakan faktor lainnya.

Masih ada upaya yang dilakukan untuk menjaga ikan ini agar tidak punah. Sekarang penangkapan ikan ini tanpa izin adalah ilegal.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Ikan Cupang, Ikan Kecil Yang Suka Berantem5 Fakta Tentang Ikan Salmon, Ikan yang Sangat Tinggi Sekali Kandungan Gizinya

Ikan masih dibiakkan di kolam buatan, namun mengembalikannya ke sungai biasanya mengakibatkan kematian.

  1. Bisa Kanibal

Fakta unik ikan patin raksasa Mekong yang ke 2 adalah bisa kanibal, Sifat herbivora ikan lele raksasa Mekong semakin menghilangkan rasa takut, meskipun ukurannya sangat besar.

Mereka pernah menjadi pemakan zooplankton dan terkadang memiliki kemampuan untuk memakan satu sama lain, lalu berubah menjadi kanibal. Namun, mereka akan mulai mengonsumsi alga dan tanaman air setelah sekitar satu tahun.

  1. Melakukan migrasi yang jauh

Fakta unik ikan patin raksasa Mekong yang ke 3 yaitu melakukan migrasi yang jauh, Sungai Mekong yang membentang sepanjang 4.350 km dan mengalir dari Cina hingga Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam, sesuai dengan namanya, merupakan rumah bagi ikan ini. Mereka melakukan perjalanan ratusan kilometer setiap tahun untuk berkembang biak.

0 Komentar