5 Fakta Unik Ikan Patin Raksasa Mekong, Jenis Ikan Air Tawar Terbesar Di Dunia

5 Fakta Unik Ikan Patin Raksasa Mekong, Jenis Ikan Air Tawar Terbesar Di Dunia
Ikan giant catfish maekong adalah ikan air tawar terbesar Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Ikan ini diyakini menghabiskan banyak waktu mencari makanan di Danau Tonle Sap, Kamboja. Mereka kemudian pindah ke Thailand untuk mencari habitat berkembang biak.

Ikan ini bahkan diketahui menempuh jarak lebih dari 1.000 kilometer untuk kawin, menurut laman Extreme Science. Itu berasal dari Laut Cina Selatan.

  1. Tidak punya kumis dan gigi

Fakta unik ikan patin raksasa Mekong, Pangasianodon gigas adalah nama latin dari ikan lele raksasa Mekong. Mereka termasuk dalam famili Pangasiidae yang sering dikenal dengan keluarga hiu lele. Wajar jika ikan ini menyerupai ikan lele, karena ikan lele dan ikan lele masih berkerabat.

Baca Juga:5 Fakta Unik Ikan Lele, Ikan yang Bisa Beradaptasi di Berbagai Habitat5 Fakta Menarik Ikan Koi, Primadona Ikan Hias Sejak Dahulu

Sebaliknya, ikan lele besar Mekong hampir tidak memiliki kumis yang biasanya digunakan ikan lele lain untuk merasakan lingkungannya.

Mereka juga tidak memiliki gigi. Oleh karena itu, meski ukurannya sangat besar, ikan ini tidak menimbulkan ancaman besar bagi manusia.

  1. Ukuran

Fakta unik ikan patin raksasa Mekong yang ke 5 yaitu ukuran, Ukuran ikan ini tentu menjadi hal pertama yang harus Anda ketahui.

Ukuran terbesar Guinness Book of Records adalah panjang sekitar tiga meter dan berat sekitar 293 kilogram!

Hal ini tidak mengherankan mengingat pesatnya perkembangan spesies asli Sungai Mekong ini. Mereka hanya membutuhkan waktu enam tahun untuk mencapai berat badan 200 kg.

Masuk akal mengapa ikan ini dikenal sebagai Pla Buk, yang berarti “ikan besar” di kalangan penduduk setempat.

Nah itu tadi adalah 5 fakta unik ikan patin raksasa Mekong semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan kamu.(*)

0 Komentar