6 Ikan Yang Bisa Hidup di Air Laut dan Air Tawar, Sungguh Melawan Alam

6 Ikan Yang Bisa Hidup di Air Laut dan Air Tawar, Sungguh Melawan Alam
ikan barramundi bisa hidup di air tawar bahkan kerap berenang di sungai Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Aktivitas anadromous Salmon mempengaruhi kemampuannya untuk bertahan hidup baik di air tawar maupun air asin.

Karena kebiasaannya tersebut, ikan salmon hanya bisa berkembang biak dengan bermigrasi ke hulu.

Sebelum masuk ke dalam air, ikan salmon yang baru menetas akan menghabiskan waktu berbulan-bulan hingga satu tahun.

Baca Juga:5 Fakta Ikan Red Devil, Ikan Invasif yang Sangat Banyak Ditemukan di Semua Danau Terutama Menjadi Invasif Di Danau Toba5 Fakta Tentang Ikan Arwana, Ikan Pemakan Apa Saja dan Bisa Melompat Tinggi Serta Dipercaya Membawa Keberuntungan

Jika sudah dewasa, mereka akan membentuk kelompok dan berenang ke sungai untuk menyimpan telurnya. Untuk salmon, hal ini akan selalu diulang.

  1. Barramundi

Ikan yang bisa hidup di air laut dan air tawar ke 3 yaitu ada ikan barramundi, Ikan yang disebut barramundi (Lates calcarifer) ditemukan di kawasan Indo-Pasifik, khususnya di Teluk Persia bagian timur, Jepang bagian selatan, Australia bagian utara, dan Papua Nugini.

Selama ada yang muat di mulutnya, ikan ini akan melahap semuanya. Ikan barramundi dewasa biasanya memiliki berat 2–5 kg dan berukuran 60–120 cm.

Karena dapat dibudidayakan baik di lingkungan air tawar maupun laut, ikan ini menjadi ikan konsumsi yang populer.

Barramundi akan mengikuti arus sungai untuk bertelur di muara atau sepanjang pantai pada musim kawin yang terjadi pada musim hujan.

Mereka kemudian dapat kembali ke lingkungan alaminya dan melepaskan hingga 32 juta telur. Ikan barramundi air laut memiliki keunikan dibandingkan ikan barramundi air tawar karena mempunyai ciri yang berbeda-beda.

Faktanya, ikan barramundi yang menghuni laut diketahui berpindah dari jenis kelamin maskulin ke betina.

Baca Juga:5 Hewan yang Bisa Menyamar Menjadi Hewan Lain, Sehingga Pemangsa Terkecoh5 Fakta Menarik Unta Liar, Unta Berpunuk 2 Menghuni Lokasi Uji Coba Nuklir

  1. Bass Bergaris

Ikan yang bisa hidup di air laut dan air tawar ke 4 yaitu ada bass bergaris, Ada banyak nama untuk ikan bass bergaris (Morone saxatilis), seperti rockfish, stripers, dan linesiders. Dengan panjang 40-76 cm, beratnya antara 4,5 dan 13,6 kg.

Meskipun demikian, spesimen terbesar yang pernah ditangkap berukuran panjang 198 cm dan berat 56 kg. Mereka berperilaku mirip dengan salmon karena mereka adalah ikan air asin dan air tawar.

Perilaku bass bergaris juga mirip. Ikan ini akan berada di laut saat remaja atau dewasa. Meski demikian, ikan dewasa akan menyusuri sungai untuk bertelur ketika waktu kawin tiba.

0 Komentar