CIREBON,RAKCER.ID – Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, XL Axiata juga tidak asing dari teknologi yang saat ini tengah ramai diperbincangkan masyarakat yaitu kecerdasan buatan (AI).
“XL memulai perjalanan AI di tahun 2020. Yang mendorong untuk mulai AI dan Machine Learning ini, ada dua hal. Yang pertama dari sisi produktivitas dan yang kedua dari kacamata customer experience,” ujar Direktur & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya.
XL Axiata meyakini bahwa kemajuan teknologi seharusnya membantu pihaknya untuk meningkatkan produktivitas.
Baca Juga:Jangan Mubazir ! Kominfo Dukung Pengembangan Ekosistem Teknologi AIWow ! MSI Terima 6 Penghargaan Sekaligus di CES 2024
Selain itu, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia ini juga meyakini bahwa teknologi mampu membantu pihaknya dalam menghadirkan pengalaman dan perjalanan penggunaan jauh lebih baik.
Simak Ulasan Lengkap Tentang XL Axiata Bawa AI untuk Produktivitas dan Pengalaman
Salah satu studi kasus atau use case yang dipaparkan Yessie pada acara Tech Talk “AI Ethics” di Gedung BJ Habibie BRIN Thamrin, Kamis 23 November 2023 lalu adalah penggunaan bot yang ditujukan untuk membantu agent layanan pelanggan atau customer service XL Axiata.
Teknologi AI dimanfaatkan XL Axiata salah satunya untuk membuat bot evaluator, ditujukan untuk lebih memahami intensi dari tiap interaksi yang dilakukan pengguna layanan telekomunikasi via berbagai saluran digital, termasuk jejaring sosial.
Yessie juga menjelaskan bahwa AI juga membantu pihaknya untuk menindaklanjuti dialog secara lebih detail. AI bertugas membantu mengevaluasi permasalahan dari keluhan yang disampaikan pengguna, misalnya soal aplikasi.
Dengan demikian, pihak XL Axiata akan dapat secara langsung menindaklanjuti permasalahan tersebut secara lebih tepat, dengan menghimpun berbagai informasi terkait dengan keluhan pengguna, termasuk kecepatan internet saat itu, tingkat keberhasilan panggilan, serta tingkat kesuksesan VoLTE.
AI juga dimanfaatkan XL Axiata untuk melakukan analisis sentimen, yang akan digunakan untuk menganalisa secara lebih lanjut dan mengkalkulasi interaksi konsumen sebelumnya dan saat ini dengan pihaknya.
Berbagai kemudahan yang dihadirkan teknologi AI ini dinilai XL Axiata menjadikannya sebagai faktor utama dari peralihan ke ranah digital, dan menjadi fokus perusahaannya dalam meningkatkan pemanfaatan AI atau bot.