5 Fakta Menarik Keledai Kiang, Jenis Keledai Liar yang Sangat Anggun

5 Fakta Menarik Keledai Kiang, Jenis Keledai Liar yang Sangat Anggun
Keledai kiang adalah spesies keledai liar Foto : Pixabay RAKCER.ID
0 Komentar

Spesies ini lebih suka tinggal di daerah yang luas dan gersang seperti stepa, semi gurun, dan gurun. Ada banyak rumput untuk dimakan di area ini.

Laman Ultimate Ungulate menyebutkan bahwa berat badan kiang bisa bertambah sebanyak 40–45 kg meski dalam situasi makanan berlimpah.

Selain itu, kiang lebih mudah mengenali dan melarikan diri dari predator ketika berada di area terbuka.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Keledai, Hewan yang Dianggap Dungu Tetapi Nyatanya Adalah Hewan yang Cerdas dan Penuh Dengan Kehati – hatian5 Fakta Burung Merpati, Burung yang Bisa Mengeluarkan Senyawa Mirip Dengan Susu

  1. Ciptakan sumur keledai

Fakta menarik keledai kiang ke 4 yaitu ciptakan sumur keledai, Ada air tempat tinggal orang kiang yang tidak biasa. Meskipun demikian, mereka telah berevolusi agar mampu bertahan berhari-hari tanpa minum.

Selain sumber air, kiang mendapatkan air dari hujan salju sepanjang musim dingin dan rumput yang dikonsumsinya.

Saat terjadi kekeringan, Kiang biasanya menggali lubang sedalam 50 sentimeter di tanah dekat sungai.

Sebuah studi dari Animalia mengklaim bahwa hewan lain serta kiang mungkin mendapatkan air dari lubang ini. Fitur air ini disebut oleh penduduk setempat sebagai “sumur keledai” atau “sumur keledai”.

  1. Spesies keledai terbesar

Fakta menarik keledai kiang ke 5 yaitu spesies keledai terbesar, Ada tiga spesies utama keledai liar. Ada onager asli Asia, kiang asli Tibet, dan keledai liar Afrika, yang merupakan nenek moyang keledai domestik.

Dalam keluarga Equidae, ketiganya terdiri dari subgenus Asinus. Kiang adalah yang terbesar dari ketiga jenis tersebut.

Kiang memiliki berat antara 250 dan 440 kg dan tinggi bahu 140 cm. Selain ukurannya, mereka juga memiliki warna yang indah.

Baca Juga:Kapibara Adalah Hewan Penggerat Terbesar dan Sempat Menjadi Meme Masbro Berikut Ini Adalah Habitat, Makanan dan Ciri – Ciri nya5 Fakta Unik Burung Bangau Hijau, Burung Bangau yang Mudah Beradaptasi

Pada bagian punggung bulunya berwarna coklat kemerahan, sedangkan pada bagian perutnya berwarna putih, Rambutnya akan menjadi lebih panjang dan berwarna coklat tua sepanjang musim dingin.

Kiang memang tampak lebih mirip kuda daripada keledai pada kesan pertama. Mereka mempunyai telinga yang kecil dan ekor yang lebat, seperti ekor kuda.

Nah itu tadi adalah 5 fakta menarik keledai kiang semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan kita.(*)

0 Komentar