Menaklukkan Keindahan dan Mistisisme Gunung Karang di Pandeglang, Objek Wisata Antimeanstream yang Ada Di Banten!

Gunung Karang
Ilustrasi wisata kawasan Gunung Karang. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

Treknya yang curam menjadi bagian dari sensasi pendakian, dan dari puncaknya, wisatawan dapat melihat pemandangan Pelabuhan Merak dari ketinggian.

Ziarah Makam di Pos 1

Sebelum memulai pendakian, wisatawan harus mendapatkan izin dari ketua RT setempat untuk pencatatan. Jalur awal menawarkan pemandangan alam desa yang hijau dengan kebun warga dan bukit-bukit yang menyegarkan mata.

Sebelum melanjutkan pendakian, wisatawan juga melakukan ritual berziarah ke makam Pangeran TB di Pos 1 (Cengkeh), yang dipimpin langsung oleh sesepuh desa.

Baca Juga:Menikmati Keindahan Pantai Cipanon di Kawasan Tanjung Lesung, Buka 24 Jam!Liburan Natal dan Akhir Tahun 2023, Bisa Nih Berwisata Ke Pantai Bugle Camara yang Keren dan Unik di Banten

Semakin Tinggi Jalur Semakin Menantang

Setelah melewati Pos 1, jalur memasuki hutan yang rapat dengan pohon-pohon besar yang rindang. Suasana semakin sunyi, dan pemandangan kota Pandeglang, Cilegon, dan Serang mulai terlihat dari ketinggian. Meskipun menantang, keindahan alam di sepanjang jalur pendakian membuat perjalanan semakin menakjubkan.

Mencapai Puncak Sumur Tujuh

Setelah Pos 1, perjalanan menuju puncak memerlukan waktu sekitar 2 jam hingga Pos 2 (Tanah Petir) dan 2 jam lagi hingga Pos 3 (Anggrek). Dari Pos 3, perjalanan menuju puncak memerlukan waktu sekitar 1 jam.

Puncak Gunung Karang ditandai dengan plang bertuliskan “Gunung Karang 1778mdpl”. Dari puncak, wisatawan dapat menikmati pemandangan indah dan melihat gunung-gunung lain di Provinsi Banten.

Situs Sejarah Sumur Tujuh

Puncak Gunung Karang menyimpan situs sejarah Sumur Tujuh yang dianggap keramat. Situs ini diyakini sebagai tempat berkumpulnya para Wali dan jin.

Meski sumurnya terpagar, warga setempat meyakini bahwa air di dalamnya sangat jernih, dan hanya orang-orang tertentu yang dapat melihatnya.

Fasilitas Gunung Karang

Karena belum sepenuhnya terkelola, fasilitas di Gunung Karang masih minim. Mandi, cuci, dan kakus dapat dilakukan di rumah ketua RT sebagai basecamp sementara. Terdapat pula mushola untuk sholat, dan di Pos 1 terdapat penjual makanan dan minuman.

Lokasi Gunung Karang

Jalur pendakian Gunung Karang berada di Desa Kadeungang, Kecamatan Candasari, Pandeglang. Dari pusat kota, jaraknya sekitar 14 km dan dapat ditempuh dalam waktu 45-60 menit.

Baca Juga:Liburan Seru Dimana Ya yang Anti Meanstream? Ada Nih, Wisata Danau Gawir Bekas Galian yang EksotisMenjelajahi Serunya Ocean Park BSD City, Destinasi Wisata Air Terpopuler di Tangerang yang Ramah Anak

Gunung Karang tidak hanya menawarkan pengalaman pendakian yang menantang tetapi juga menyajikan keindahan alam yang luar biasa dan situs sejarah yang memikat.

0 Komentar