Mengenal Pneumonia Pada Anak yang Tengah Melanda China : Penyebab serta Gejala yang Ditumbulkan

Pneumonia
Pneumonia melanda China foto : @pneumonia @pinterest-rakcer.id
0 Komentar

Gejala yang ditimbulkan oleh Pneumonia

Susana Indahwati, Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Penanggulangan Bencana Dinas Kesehatan Kota Batu, menyoroti berbagai tanda untuk mengingatkan masyarakat akan adanya pneumonia mikoplasma.

Gejala yang harus diwaspadai, menurutnya, adalah batuk kering kronis, demam, dan rasa tidak nyaman. “Segera periksakan diri ke pusat pelayanan kesehatan terdekat jika mengalami gejala-gejala tersebut,” imbuhnya saat dilansir Republika, Kamis (30/11/2023).

Susana juga menyatakan bahwa penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat membantu mencegah terjadinya infeksi menular. Namun untuk pneumonia mikoplasma diperlukan imunisasi lengkap dan PCV, terutama pada anak-anak.

Baca Juga:Kasus Pneumonia Anak di China Meningkat, Begini Pencegahan yang TepatJisoo BLACKPINK Sabet 3 Penghargaan Sekaligus Diajang MAMA Awards 2023

Strategi ini dinilai efektif mencegah penularan penyakit pada anak. Selain itu, jika masyarakat sedang tidak sehat maka wajib menggunakan masker. “Dan meliburkan anak-anak dari sekolah ketika sakit untuk mencegah penularan,” lanjutnya.

Sebelumnya, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Pambudi mengungkapkan, kasus pneumonia akibat infeksi bakteri mikoplasma seperti yang saat ini mewabah di China belum ditemukan di Indonesia.

Namun berdasarkan data Kementerian Kesehatan, terjadi lonjakan tren pneumonia secara keseluruhan di berbagai daerah pascapandemi Covid-19. Setelah pandemi berlalu, pasien yang sakit mulai kembali ke rumah sakit dengan gejala-gejalanya.

Trennya nampaknya meningkat di semua provinsi, kata Imran saat debat Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Imran menambahkan, Kementerian Kesehatan telah melakukan pemantauan tambahan terhadap influenza like disease (ILI).

Sebagai kelanjutan dari pengawasan Covid-19, pihaknya melakukan pengawasan terhadap kasus-kasus yang memiliki gejala mirip influenza.

Demikian ulasan megenai mengenal Pneumonia yang tengah marak di China.

Simka berita dan artikel menarik lainnya di google news. (*)

0 Komentar