5 Hewan Endemik Kepulauan Galapagos, Bahkan ada Kura – Kura Raksasa Juga Loh

 5 Hewan Endemik Kepulauan Galapagos, Bahkan ada Kura – Kura Raksasa Juga Loh
Kura - kura galapagos adalah hewan endemik dari kepulauan galapagos Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Hewan endemik kepulauan Galapagos, Kepulauan Samudera Pasifik yang terletak 1000 kilometer sebelah barat Ekuador, berisi pulau-pulau yang membentuk Kepulauan Galapagos.

Kepulauan ini, yang merupakan bagian dari pulau vulkanik aktif di Ekuador dan merupakan provinsi tersendiri dengan kedudukannya terletak di Puerto Baquerizo Moreno, adalah salah satu taman nasional di negara tersebut.

Karena evolusi, Kepulauan Galapagos menjadi rumah bagi berbagai spesies hewan asli yang berbeda dari yang ditemukan di daratan utama Ekuador.

Baca Juga:5 Fakta Unik Bebek Canvasback, Bebek Selam yang Jago Terbang5 Fakta Unik Gurita, Hewan Laut yang Ahli Berkamuflase

Lalu hewan endemik apa saja yang ada di kepulauan ini berikut adalah : 5 hewan endemik kepulauan Galapagos.

  1. Vampire ground finch

Hewan endemik kepulauan Galapagos yang pertama yaitu vampire ground finch, Dalam keluarga kutilang, kutilang vampir merupakan salah satu burung endemik yang ditemukan di Kepulauan Galapagos.

Selain itu, burung ini cukup unik karena termasuk dalam kategori burung parasit pemakan darah.

Burung yang dikenal dengan nama latin Geospiza septentrionalis ini memang berbahaya, namun juga terancam punah.

Selain itu, burung yang tidak biasa ini kadang-kadang mengganti persediaan air bersihnya yang langka dengan nektar dari tanaman umum di Galapagos.

  1. Kura – Kura Galapagos raksasa

Hewan endemik kepulauan Galapagos yang ke 2  yaitu ada kura – kura Galapagos raksasa, Kepulauan Galapagos adalah rumah bagi kura-kura raksasa asli, yang bentuknya seperti kura-kura pada umumnya.

Bedanya, spesies ini bisa mencapai berat hingga 417 kg, berukuran cukup besar dengan leher yang cukup panjang, dan memiliki masa hidup melebihi 100 tahun.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Cumi Cumi, Disebut Lebih Sehat dari Seafood Lain nya5 Fakta Tentang Kucing Khao Manee, Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Sebelum Nya

Reptil yang berbeda dengan kura-kura raksasa di Pulau Aldabra, Seycheless ini termasuk dalam kategori spesies terancam punah.

  1. Flightless Cormorant bird

Hewan endemik kepulauan Galapagos yang ke 3 yaitu ada Flightless Cormorant bird, Makhluk tidak biasa lainnya yang hanya ada di Kepulauan Galapagos adalah Flightless Cormorant bird.

Burung ini merupakan burung terbesar dari keluarga Phalacrocoracidae, namun merupakan satu-satunya burung yang tidak bisa terbang, hanya bisa berenang di laut, dan hanya bisa berjalan di darat.

Burung ini dapat tumbuh dengan panjang antara 89 dan 100 cm dan berat antara 2,5 dan 5 kg. Karena populasinya mulai stabil dan bertambah, mamalia ini dulunya termasuk dalam kategori terancam punah namun kini juga masuk dalam kategori terancam.

0 Komentar