5 Fakta Menarik Kumbang Badak, Kumbang yang Memiliki Tanduk

5 Fakta Menarik Kumbang Badak, Kumbang yang Memiliki Tanduk
Kumbang badak adalah jenis kumbang yang memiliki tanduk Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Biasanya, kumbang badak memiliki dua cula: cula yang lebih kecil di atas kepalanya dan cula yang lebih besar berbentuk “Y” di bagian depan. Sebaliknya, beberapa kumbang hanya mempunyai satu tanduk lurus yang melengkung ke atas.

Beberapa spesies melepaskannya sebagai kumbang dewasa yang sudah berkembang sempurna, sementara spesies lain melepaskannya sebagai nimfa yang harus melalui banyak tahapan lebih lanjut, yang dikenal sebagai instar, untuk menjadi kumbang dewasa.

  1. Kumbang herbivora

Fakta menarik kumbang badak yang ke 4 yaitu kumbang herbivora, Serangga herbivora, kumbang badak mengonsumsi daun hijau, buah, getah, dan madu dari tumbuhan.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Lobster, Dahulu Dianggap Sebagai Makanan Tidak Berharga5 Fakta Gurita Flapjack, Gurita yang Sangat Imut dan Hidup di Laut Dalam

Mereka tidak makan banyak, bahkan untuk ukuran mereka. Sebaliknya, larva memakan kayu busuk atau kompos tempat mereka tinggal.

Sebelum menjadi kepompong, kumbang badak mengalami tiga kali pergantian kulit yang disebut instar.

Kumbang badak lebih menyukai lingkungan dengan dedaunan, tumbuh-tumbuhan, dan batang kayu tumbang karena ciri-ciri ini melindunginya dari spesies liar lain yang lebih kuat.

  1. Suka bertarung untuk berebut pasangan

Fakta menarik kumbang badak ke 5 yaitu suka bertarung untuk berebut pasangan, Karena tidak beracun, kumbang badak jarang berkelahi dengan manusia.

Untungnya, tidak ada satupun yang menggigit atau menyengat kami. Namun mereka bertempur, kebanyakan demi memperebutkan pasangan, dengan kumbang lain.

Kumbang ini terlibat dalam pertarungan sengit menggunakan tanduknya, bahkan terkadang mematahkan tanduk musuhnya.

Kumbang Badak dapat mengangkat lawannya hingga 850 kali beratnya sendiri dengan menggunakan kedua tanduknya untuk membalik atau mengangkatnya.

Baca Juga:5 Fakta Menarik Gurita Dumbo, Gurita yang Sangat Imut dan Mempunyai Telinga yang Mirip Dengan Telinga Gajah5 Fakta Menarik Lebah, Si Kecil Namun Sangat Bermanfaat Bagi Kehidupan Manusia

Nah itu tadi adalah 5 fakta menarik kumbang badak semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan kita semua.(*)

0 Komentar