5 Fakta Burung Kakaktua Raja, Burung yang Memiliki Paruh yang Keras dan Mampu Memecahkan Cangkang Keras

5 Fakta Burung Kakaktua Raja, Burung yang Memiliki Paruh yang Keras dan Mampu Memecahkan Cangkang Keras
Kakaktua raja adalah burung yang memiliki paruh besar Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Agar telur-telur tersebut tidak tenggelam jika terjadi banjir akibat hujan, ranting-ranting tersebut kemudian ditumpuk tinggi-tinggi hingga membentuk sarang.

  1. Paruhnya mampu memecahkan cangkang yang keras

Fakta burung kakaktua raja yang ke 3 adalah paruhnya mampu memecahkan cangkang yang keras, Paruh kakatua raja sama besarnya dengan tubuhnya. Paruhnya termasuk yang terbesar, kedua setelah macaw eceng gondok.

Kakatua raja tidak bisa menutup mulutnya seluruhnya karena perbedaan ukuran dan bentuk paruhnya di bagian atas dan bawah.

Baca Juga:5 Fakta Unik Burung Kakaktua, Ternyata Burung Ini Tidak Memiliki Pita Suara7 Fakta Menarik Burung Pegar, Burung yang Dapat Terbang Sampai Kecepatan 60km

Tepi paruh atas bergelombang, jika Anda amati. Ternyata lho, membuat makan jadi lebih simpel.

Burung ini ahli dalam mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian berukuran besar dan bercangkang keras.

Makanan mungkin tertahan di bagian atas lidahnya, dan pecah di bagian bawah. Karena kepiawaiannya tersebut, kakatua raja dapat melahap berbagai macam makanan yang tidak dapat diakses oleh spesies kakatua lainnya.

Burung ini mampu merobek pandan. buah yang terkenal keras dan menantang untuk dibuka. Untuk membukanya, manusia hanya membutuhkan beberapa alat saja.

  1. Bisa berumur panjang

Fakta burung kakaktua raja yang ke 4 adalah bisa berumur panjang, Salah satu burung yang umurnya paling panjang adalah kakatua raja.

Kakatua raja yang dikurung bisa hidup hingga usia sembilan puluh tahun! Namun, mereka yang bertahan hidup di alam liar seringkali hidup antara 40 dan 60 tahun.

Sayangnya, tingkat reproduksi burung ini agak rendah. Setiap beberapa tahun, betina hanya menghasilkan satu sel telur. Selain itu, kakatua raja baru mencapai kematangan seksual pada usia 7 atau 8 tahun.

Baca Juga:6 Fakta Menarik Lemur Indri, Lemur yang Berasal dari Madagaskar dan Pintar Bernyanyi5 Fakta Menarik Lemur, Hewan Endemik Yang Berasal Dari Madagaskar

Oleh karena itu, populasinya sulit untuk pulih dan lebih rentan terhadap kepunahan jika terjadi kerusakan habitat atau perburuan liar yang berdampak buruk.

  1. Mempunyai pipi yang merah merona

Fakta burung kakaktua raja ke 5 adalah mempunyai pipi yang merah merona, Spesies kakatua terbesar di dunia adalah burung ini, Probosciger aterrimus dalam istilah ilmiah. Berat maksimumnya adalah 1,1 kg. Sedangkan lebar sayapnya bisa mencapai satu meter.

Burung ini mudah dikenali dari pipinya yang merah tua dan bulunya yang berwarna hitam tua. Kakatua raja memiliki keunikan karena warna kulit pipinya dapat bervariasi berdasarkan keadaan emosi dan kesehatannya secara keseluruhan. Selain itu, memiliki jambul yang tingginya mencapai 15 cm.

0 Komentar