Baoban di Ambang Kepunahan: Kondisi Pohon Abadi yang Kian Terancam

Baoban
Pohon Baoban, simbol abadi di Benua Afrika. Foto: Pinterest/rakcer.id
0 Komentar

Meskipun baobab memiliki kemampuan resprouting dan meregenerasi kulit kayu, adaptasi ini terancam oleh kondisi ekstrem yang semakin sering terjadi akibat perubahan iklim.

Daerah tropis di belahan bumi selatan, di mana baobab sering ditemui, menjadi salah satu hotspot global dengan peningkatan suhu yang signifikan.

Baobab: Pohon Abadi yang Memberi dan Bertahan

Baobab, dengan keseluruhan keunikan bentuknya, bukan hanya menjadi bagian integral dari ekosistem Afrika, tetapi juga memberikan berbagai manfaat bagi manusia.

Baca Juga:Dramatis! Kisah Zhafira, Pendaki Perempuan Viral yang Terperangkap dalam Erupsi Gunung MarapiDestinasi Wisata Buka 24 Jam, Pantai Anom Tangerang Bisa Masuk List Liburan Akhir Tahun 2023 Nih!

Seluruh bagian pohon ini dapat dimanfaatkan, dari daun yang dapat dimasak, kulit kayu yang dapat dijadikan berbagai barang, hingga buahnya yang kaya akan vitamin C.

Meskipun misteri kematian baobab masih belum terpecahkan sepenuhnya, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pemahaman terhadap adaptasi tanaman terhadap perubahan iklim.

Pemahaman yang lebih dalam ini diharapkan dapat membantu dalam melindungi keberlanjutan pohon-pohon kuno ini, yang selama ini dianggap sebagai simbol keabadian di tanah Afrika.

Simak berita dan artikel menarik lainnya di Google News.

0 Komentar