Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan, Buah Liar yang Sering Dicari

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan, Buah Liar yang Sering Dicari
Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan sudah banyak dikenal luas. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan sudah banyak dikenal luas. Buah ciplukan merupakan jenis buah yang sedang populer saat ini. Tanaman ini biasanya tumbuh liar dan mudah di temukan di kebun maupun disemak-semak.

Tanaman ini memiliki rasa yang asam jika buah tersebut masih belum matang sempurna, tapi jika sudah matang semburna buah tersebut akan mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan di mulut. Selain itu buah ini juga mempunyai warna orange cerah yang dibungkus dengan kelopak tipis.

Berikut adalah 5 manfaat buah ciplukan untuk kesehatan:

  1. Kaya akan antioksidan

Kehadiran antioksidan yang melimpah pada ciplukan sejauh ini merupakan keuntungan terbesarnya. Antioksidan adalah molekul yang terkait dengan penuaan dan penyakit, termasuk kanker, yang mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga:Kian Langka, Inilah 5 Manfaat Buah Kepudung untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang DiketahuiManfaat Tanaman Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya bisa Menurunkan Berat Badan

  1. Menyehatkan tulang

Vitamin K, vitamin larut lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang, banyak terkandung dalam manfaat ciplukan. Vitamin ini sangat penting untuk tingkat pergantian tulang yang sehat serta pembentukan tulang dan tulang rawan.

  1. Baik untuk penglihatan mata

Bersama dengan beberapa karotenoid lainnya, lutein dan beta-karoten ditemukan di cipulkan. Lutein karotenoid, khususnya, terkenal dapat melindungi terhadap gangguan mata.

  1. Dapat mengontrol tekanan darah tinggi

Ciplukan mengandung fitokimia seperti karotenoid dan polifenol yang membantu mengontrol peningkatan tekanan darah. Senyawa ini menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung bila dikombinasikan dengan serat pektin larut.

  1. Dapat mengontrol diabetes

Serat larut dalam konsentrasi besar seperti fruktosa yang terbukti bermanfaat bagi penderita diabetes juga terdapat dalam manfaat ciplukan. Buah ini memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah.

Nah demikianlah informasi mengenai manfaat buah ciplukan untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. (*)

Simak berita dan artikel menarik lainnya di Google News.

0 Komentar