Memiliki Beragam Manfaat, Inilah 5 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Memiliki Beragam Manfaat, Inilah 5 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Manfaat buah matoa perlu kita tahu, Buah matoa yang eksotis, atau Pometia pinnata berasal dari provinsi Papua, Indonesia. Foto: Bing.com / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Manfaat buah matoa perlu kita tahu, Buah matoa yang eksotis, atau Pometia pinnata berasal dari provinsi Papua, Indonesia. Buah yang bernama matoa ini tidak hanya menjadi makanan yang bermanfaat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Suku Sapindaceae yang termasuk dalam buah matoa berkerabat dekat dengan leci, maple, rambutan, dan kelengkeng (longan). Tak disangka, kelengkeng Fiji menjadi nama lain dari buah matoa.

Bentuk buah matoa yang bulat dan daging buah matoa yang semi transparan, berwarna putih atau kekuningan menjadi ciri khasnya. Kulit buah matoa bisa berwarna merah tua, hitam, kuning kehijauan, atau coklat kemerahan.

Baca Juga:Tips Menghilangkan Mata Panda secara AlamiManfaat Sayur Pakcoy untuk Kesehatan, Tingkatkan Kesehatan Jantung

Berikut adalah 5 manfaat buah matoa untuk kesehatan:

  1. Dapat mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin

Buah ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat bervariasi. Dengan demikian mengonsumsi buah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

  1. Dapat mencegah infeksi

Kemampuan buah matoa dalam menangkal infeksi menjadi keunggulan selanjutnya. Menurut sebuah penelitian, matoa mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih dan pernafasan.

  1. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Diperkirakan juga bahwa matoa secara alami dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa diuretik aktif terdapat dalam ekstrak buah ini. Kapasitas tubuh untuk mengeluarkan cairan dapat ditingkatkan dengan kandungan ini.

  1. Dapat menurunkan kadar gula darah

Senyawa fenolik pada buah ini diketahui dapat mengurangi penyerapan gula di usus. Oleh karena itu, mereka yang selamat dari diabetes bisa dengan aman mengonsumsi buah matoa.

  1. Dapat menjaga kesehatan pencernaan

Pengobatan tradisional sering menggunakan buah matoa untuk melancarkan pencernaan. Antioksidan yang terdapat pada buah ini diserap oleh usus.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat buah matoa untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. (*)

Simak berita dan artikel menarik lainnya di Google News.

0 Komentar