5 Kuliner Khas Batak, yang Wajib Kamu Coba Agar Tidak Penasaran

5 Kuliner Khas Batak, yang Wajib Kamu Coba Agar Tidak Penasaran
naniura adalah ikan yang lezat. Ini adalah masakan klasik Batak Tapanuli Utara yang dapat ditemukan di Pematangsiantar, Medan, dan Danau Toba. Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Meski terkesan tidak menarik, Dali Ni Horbo adalah hidangan klasik yang diolah dengan susu kerbau asli.

Cara pembuatannya adalah dengan memasak susu kerbau dengan air garam dan perasan daun pepaya, kemudian didiamkan hingga mengeras dan mengental.

Masakan tradisional Batak ini tidak memerlukan pengolahan tambahan apa pun dan bisa langsung disantap.

Baca Juga:5 Kuliner Unik Indonesia, Wajib Kamu Coba Dijamin Bikin Ketagihan5 Makanan Khas Sulawesi Tengah, Wajib Kamu Coba Ketika Berwisata ke Sulawesi Tengah

Makanan tradisional Batak yang kaya protein dan vitamin ini lumer di mulut begitu menyentuh lidah. Rasanya nikmat jika dipadukan dengan arsik.

  1. Ombus – Ombus

Kuliner khas batak ke 4 ada ombus – ombus, Asal usul jajanan ini ada di Siborong-borong, Tapanuli Utara. Salah satu makanan pembuka yang wajib ada pada acara adat Batak adalah ombus-ombus. Kata “hembuskan” pada namanya mengacu pada cara masakan ini disajikan panas.

Ini adalah makanan tradisional Batak yang terbuat dari tepung beras, gula palem, dan kelapa parut.

Campuran gula merah dan gula palem bagian tengahnya saja, di atasnya diberi campuran tepung beras dan kelapa cincang.

Setelah itu adonan ini dibuat dengan cara dikukus sambil dibungkus dengan daun pisang. Berpadu dengan manisnya gula dan memiliki rasa gurih.

  1. Arsik

Kuliner khas batak ke 5 yaitu ada arsik, Ikan air tawar termasuk nila, ikan mas, nila, dan nila digunakan untuk membuat masakan tradisional Batak, yang biasanya disajikan pada pertemuan adat. Bumbu andaliman yang terkenal dengan rasanya yang pedas dan memberikan efek menghangatkan di lidah saat dikonsumsi, akan digunakan untuk mengolah ikan tersebut. Tergantung selera Anda, Anda bisa menyajikan masakan ini kering atau dengan sup.

Nah itu tadi adalah 5 kuliner khas batak semoga bisa menjadi bahan pilihan kuliner kamu.(*)

0 Komentar