5 Kuliner Unik Indonesia, Wajib Kamu Coba Dijamin Bikin Ketagihan

5 Kuliner Unik Indonesia, Wajib Kamu Coba Dijamin Bikin Ketagihan
Perpaduan ampiang dan dadiah disajikan dalam sebuah piring dengan es serut di atasnya. Karena mengandung santan dan gula merah, masakan yang tidak biasa ini memiliki rasa yang sangat segar dan manis. Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

  1. Tempoyak

Kuliner unik Indonesia ke 4 adalah tempoyak, Penggemar durian pastinya wajib mencoba kuliner khas Indonesia yang satu ini. Penjelasannya, tempoyak merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari durian matang.

Di daerah Bengkulu, Palembang, Lampung, dan Jambi, masakan unik ini sangat disukai. Apalagi Kalimantan Barat menjadi lokasi kuliner khas Indonesia tersebut.

Setelah dilumuri garam, durian disimpan dalam wadah tertutup selama tiga hingga lima hari untuk pembuatan tempoyak.

Baca Juga:5 Makanan Khas Sulawesi Tengah, Wajib Kamu Coba Ketika Berwisata ke Sulawesi Tengah5 Wisata Kuliner yang ada di Solo yang Enak dan Bikin Penasaran Akan Rasanya

Tempoyak yang sudah difermentasi bisa dijadikan sambal pedas dan disajikan dengan pindang, ayam, atau udang. Karena proses fermentasi, rasanya khas dan asam.

  1. Nasi kentut

Kuliner unik Indonesia ke 5 adalah nasi kentut, Ini jelas bukan nasi kentut khas Anda, meski hanya dari namanya.

Ini hampir persis seperti nasi kucing pada menu tradisional Medan. Tapi bukannya dibalut daun pisang, nasi ini malah dibalut dengan daun kentut.

Selain memiliki aroma yang unik, daun kentut mempunyai kemampuan memperlancar pencernaan. Makanan Indonesia yang tidak biasa ini biasanya disantap dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, tahu atau tempe goreng, pepes ikan, dan sambal.

Nah itu tadi adalah 5 kuliner unik Indonesia semoga bisa menjadi referensi kamu dalam memilih kuliner yang cocok untuk kita semua.(*)

0 Komentar