5 Kuliner Sambal yang Terkenal, Membuat Kita Semakin Enak Akan Rasa Pedasnya

5 Kuliner Sambal yang Terkenal, Membuat Kita Semakin Enak Akan Rasa Pedasnya
Sambal ini wajib disantap bersama makanan Padang lainnya seperti kari ayam, rendang, dan masakan bersantan lainnya. Anda pasti akan selalu menemukannya di restoran Padang. Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

Sesuai dengan namanya, sambal ini terbuat dari udang rebon atau terasi yang difermentasi. Aromanya kuat, unik, dan bentuknya seperti adonan.

Untuk menambah rasa, dipadukan dengan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan tambahan tomat.

Saus sambal klasik kuliner khas Indonesia ini juga cukup mudah beradaptasi karena bisa dijadikan sebagai pelengkap berbagai masakan yang digoreng atau dibakar, atau bisa juga ditambahkan ke dalam tumisan nasi agar terasa gurih.

Baca Juga:5 Kuliner Khas Bungo, yang Bisa Dijadikan Sebagai Oleh – Oleh5 Makanan Khas Banjarmasin yang Paling Enak dan Lezat

  1. Sambal dabu – dabu

Kuliner sambal yang terkenal ke 4 ada sambal dabu – dabu, Sambal Dabu-Dabu yang berasal dari Manado di Sulawesi Utara mirip dengan sambal matah karena dikonsumsi mentah sehingga memberikan rasa sambal yang lebih cerah.

Alih-alih dihaluskan seperti sambal lainnya, sambal khas Indonesia ini dibuat dengan cara mengiris komponen-komponen kecil seperti tomat merah dan hijau, cabai rawit merah, bawang merah yang dipadukan dengan garam, batang daun bawang, dan jeruk nipis, lalu ditaburi minyak. hangat.

Banyak orang membandingkan saus sambal berbahan tomat ini dengan salsa dari Meksiko. Ini adalah saus sambal klasik Indonesia yang paling cocok dipadukan dengan ikan bakar dan makanan laut lainnya.

  1. Sambal ijo padang

Kuliner sambal yang terkenal urutan ke 5 yaitu ada sambal padang, Sambal ini wajib disantap bersama makanan Padang lainnya seperti kari ayam, rendang, dan masakan bersantan lainnya. Anda pasti akan selalu menemukannya di restoran Padang.

Karena menggunakan cabai hijau sebagai pengganti cabai rawit, sambal tradisional Indonesia ini juga tidak terlalu pedas.

Tambahkan tomat hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam ke dalam sambal lalu tumis hingga kuah yang disebut juga lado mudo ini siap disajikan.

Nah itu tadi adalah 5 kuliner sambal yang terkenal sebenarnya masih banyak lagi sambal yang ada di Indonesia seperti sambal roa, sambal andaliman, sambal lu’at, sambal tempoyak dan masih banyak lagi jenis sambal semoga bermanfaat.(*)

0 Komentar