5 Makanan Khas Banjarmasin yang Paling Enak dan Lezat

5 Makanan Khas Banjarmasin yang Paling Enak dan Lezat
Nasi Itik Gambut. Masakan Banjarmasin ini sesuai dengan namanya merupakan resep nasi dan bebek yang diolah dengan berbagai macam bumbu unik. Foto : Pinterest RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Makanan khas Banjarmasin, Banjarmasin, kadang-kadang dikenal sebagai “kota seribu sungai,” terkait erat dengan masa lalu Kerajaan Banjar.

Namun lanskap wilayah sungai dan makna sejarahnya bukanlah satu-satunya hal yang membuat orang tertarik mengunjungi ibu kota Kalimantan Selatan ini.

Kekayaan kuliner khas Banjarmasin terkenal di seluruh nusantara karena kelezatannya lalu makanan khas apa saja yang ada di Banjarmasin berikut ini adalah : 5 makanan khas Banjarmasin.

Baca Juga:5 Kuliner Khas Pangandaran, yang Terkenal Karena Kelezatanya dan Bikin Ketagihan5 Kuliner Khas Sumedang yang Membuat Semua Orang Senang

  1. Nasi itik gambut

Makanan khas Banjarmasin pertama ada nasi itik gambut, Nasi Itik Gambut. Masakan Banjarmasin ini sesuai dengan namanya merupakan resep nasi dan bebek yang diolah dengan berbagai macam bumbu unik.

Daging bebeknya dipadukan dengan rasa manis dan pedas bumbu kuliner Banjarmasin melalui pengolahan dan bumbu.

Hidangan khas Banjarmasin ini biasanya disajikan dalam balutan daun pisang sehingga menambah aroma harum masakan tersebut.

  1. Soto banjar

Makanan khas Banjarmasin ke 2 adalah soto banjar, Hidangan tradisional Indonesia yang populer adalah soto. Setiap daerah di Indonesia, termasuk Banjarmasin yang terkenal dengan Soto Banjarnya, mempunyai keunikan sotonya masing-masing.

Hidangan tradisional Banjarmasin yang terdiri dari telur asin, ayam suwir, lontong, dan berbagai bahan lainnya ini disajikan dengan kuah yang pedas. Ditambah perasan jeruk nipis, Soto Banjar terasa menyegarkan sekaligus mengenyangkan.

  1. Lontong orani

Makanan khas Banjarmasin ke 3 ada lontong orani, Lontong Orani khas Banjarmasin ini mempunyai bentuk tersendiri yang membedakannya dengan lontong-lontong yang banyak ditemukan di daerah lain nusantara, padahal cita rasa masakannya tidak jauh berbeda dengan lontong pada umumnya.

Selain itu, lauk berupa irisan labu kuning, kacang ijo, ikan gabus, dan telur yang dimasak dengan bumbu berwarna kemerahan dan ditaburi kuah santan yang gurih menjadi ciri khas jajanan tradisional Banjarmasin ini.

Baca Juga:5 Makanan Khas Madura yang Membuat Lidah Bergoyang5 Kuliner Khas Betawi yang Sangat Enak dan Wajib Kamu Coba Agar Tidak Penasaran Karena Rasanya

  1. Patin baubar

Makanan khas Banjarmasin ke 4 adalah patin baubar, Rahasia cita rasa masakan tradisional Banjarmasin ini terletak pada banyaknya bumbu yang dipadukan dengan daging ikan lele sebelum dipanggang.

Masakan klasik Banjarmasin ini terasa nikmat karena bumbu-bumbunya meresap ke dalam daging dengan rasa dan aromanya selama proses memasak.

0 Komentar