Anti Bantet! Inilah Resep Donat Kampung yang Bisa Bikin Nostalgia Masa Kecil

Anti Bantet! Inilah Resep Donat Kampung yang Bisa Bikin Nostalgia Masa Kecil
Donat kampung merupakan jajanan yang tidak lekang oleh waktu dan disukai oleh semua kalangan umur, baik anak-anak, tua maupun muda. Foto: Pinterest/Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Donat kampung merupakan jajanan yang tidak lekang oleh waktu dan disukai oleh semua kalangan umur, baik anak-anak, tua maupun muda.

Meski donat kini sudah beragam jenis dan variasinya yang modern, namun sepertinya tidak ada yang bisa menandingi donat kampung yang banyak ditemukan di pasaran.

Adonannya yang lembut ditaburi gula halus membuat banyak orang bernostalgia dengan makanan masa kecil. Tak heran jika donat kampung masih eksis dan digemari masyarakat di tengah banyaknya menu kreasi donat kekinian.

Baca Juga:Rekomendasi Cemilan Pedas Khas Bandung yang Ngga Boleh di Lewatkan Mulai dari Bakso Aci hingga SeblakSinopsis dan Jadwal Tayang Film Horor Munkar: Kisah Hantu Santriwati yang Balas Dendam Karena di Tuduh Mencuri

Jika kamu tahu resep dan cara membuatnya, kamu bisa mencoba membuat sendiri donat kampung ini di rumah! Jika berminat, berikut uraian resep donat kampung seperti dikutip dari akun Instagram @ayudiahrespatih, Selasa (16/1/2024)

Bahan-Bahan untuk Membuat Donat Kampung

450 gr tepung terigu protein tinggi

50 gr krim bubuk/susu bubuk

75 gr gula pasir

200 Ml susu cair dingin

11 gr ragi instan

4 kuning telur

½ sdt garam

75 gr mix butter dan magarin

Yang terakhir minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Donat Kampung

  1. Masukkan kuning telur, ragi, gula pasir, krim susu, tepung protein tinggi, dan susu cair ke dalam mixer lalu aduk semua bahan-bahan tersebut dengan kecepatan sedang.
  2. Jika semua bahan-bahan sudah tercampur, kemudian masukkan garam dan mentega kemudian uleni kembali dengan mixer menggunakan speed yang paling tinggi.
  3. Jika adonan donat sudah kalis, tutup adonan menggunakan plastic wrab atau serbet dan biarkan adonan sampai mengembang kurang lebih sekitar 45 menit.
  4. Setelah adonan mengembang, kemudian kempeskan adonan dengan cara ditekan-tekan, lalu bagi adonan dengan masing-masing berat 50 gr
  5. Setelah itu bulatkan satu persatu adonan yang telah ditimbang, kemudian taruh adonan yang rtelah dibulatkan di atas baking paper, kemudian ditutup kembali menggunakan bubble wrap selama 25 menit
  6. Jika sudah 25 menit, selanjutnya lubangi bagian tengah adonan tersebut satu persatu dengan cetakan donat. Setelah itu adonan donat siap untuk digoreng dengan minyak yang panas dan api yang kecil hingga sedangsupaya donat matang sempurna
  7. Sesekali balik adonan donat agar warnanya rata, lalu angkat donat tersebut kemudian tiriskan dan tunggu agak dingin baru bisa lumuri donat dengan gula halus. Donat kampung siap untuk dinikmati.
0 Komentar