9 Tradisi Imlek yang Ada Di Indonesia Dari Mulai Dekorasi Rumah Sampai Festival Lampion

9 Tradisi Imlek yang Ada Di Indonesia Dari Mulai Dekorasi Rumah Sampai Festival Lampion
Barongsai adalah tarian singa yang dilakukan oleh dua orang atau lebih di bawah kostum yang menyimbolkan keberuntungan dan menolak energi negatif. Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

CIREBON, RAKCER. ID – Tradisi imlek yang ada di Indonesia, Perayaan Imlek, atau Tahun Baru Imlek, di Indonesia adalah momen yang meriah dan penuh warna.

Imlek merayakan pergantian tahun dalam kalender lunar Tiongkok, dan meskipun secara historis merupakan perayaan budaya Tionghoa, Imlek di Indonesia telah menjadi perayaan nasional yang dirayakan oleh berbagai etnis dan agama.

kita akan menjelaskan tradisi Imlek yang unik di Indonesia, yang mencerminkan harmoni antarbudaya dan keberagaman yang khas.

Baca Juga:8 Kue Kering Khas Perayaan Imlek, yang Paling Banyak Dicari Oleh Semua Orang7 Makanan Khas Denmark yang Sangat Enak dan Wajib Kamu Coba Ketika Sedang Berada di Denmark

  1. Dekorasi dan Lampu Merah

Tradisi imlek yang ada di Indonesia pertama yaitu  Salah satu tanda khas perayaan Imlek di Indonesia adalah dekorasi merah yang melimpah.

Warna merah dianggap sebagai warna keberuntungan dalam budaya Tionghoa dan sering digunakan untuk menghias rumah, toko, dan jalan-jalan selama perayaan.

Ornamen-ornamen merah seperti lampion, gulungan kertas merah, dan kaligrafi imlek sering ditemukan menghiasi tempat-tempat umum dan rumah-rumah.

Lampu-lampu merah juga dipasang di sepanjang jalan-jalan di kawasan Chinatown atau komunitas Tionghoa untuk menciptakan atmosfer penuh keceriaan.

  1. Barongsai dan Liong

Tradisi imlek yang ada di Indonesia ke 2 ada Tarian barongsai dan liong merupakan pertunjukan tradisional yang sangat dinantikan selama perayaan Imlek di Indonesia.

Barongsai adalah tarian singa yang dilakukan oleh dua orang atau lebih di bawah kostum yang menyimbolkan keberuntungan dan menolak energi negatif.

Sementara itu, liong adalah tarian naga yang dilakukan oleh sekelompok orang di bawah kostum panjang yang melambangkan keberanian dan kekuatan.

Baca Juga:5 Varietas Buah Kelengkeng Beseta Dengan Ciri Buah Nya5 Jenis Burung Perkutut yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Pertunjukan ini sering kali menyambut kedatangan tahun baru dengan meriah, dan sering dimainkan di depan toko-toko dan rumah-rumah.

  1. Pemberian Amplop Merah (Angpao)

Tradisi imlek yang ada di Indonesia ke 3 yaitu Tradisi memberikan angpao, amplop merah berisi uang tunai, adalah salah satu tradisi Imlek yang tetap kuat di Indonesia. Angpao diberikan kepada anak-anak, kerabat, dan teman-teman sebagai simbol keberuntungan dan harapan untuk tahun yang baru.

Angpao juga diyakini membawa keberuntungan dan memberikan perlindungan dari energi negatif.

Orang-orang yang memberikan angpao biasanya adalah orang dewasa yang telah menikah, dan penerima angpao biasanya adalah anak-anak atau mereka yang belum menikah.

0 Komentar