Intip Deretan Bisnis Gibran Wakil Presiden yang Sepi dan Gulung Tikar

Sukses di Quick Count, Ini Daftar Bisnis Gibran yang Gagal
Sukses di Quick Count, Ini Daftar Bisnis Gibran yang Gagal.pinterest/rakcerid
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Pada Pemilu 2024, pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Prabowo-Gibran, muncul sebagai pemenang dalam hitung cepat (quick count). Beberapa lembaga survei telah merilis hasilnya dengan rata-rata perolehan suara mencapai 60%.

Perlu diketahui bahwa saat ini, Gibran masih aktif menjabat sebagai Walikota Solo. Namun, meski sibuk dengan kampanyenya, ia telah mengambil cuti dari tugasnya sebagai pelayan publik.

Jauh sebelum memasuki dunia politik, Gibran adalah seorang pengusaha yang rendah hati. Ia memulai semua bisnisnya di kota Solo, yang merupakan tempat kelahirannya.

Baca Juga:Manfaat dan Risiko Tabungan Bersama untuk Pernikahan Bersama PacarDede Sunandar Rela Jual dua Mobil Demi Nyaleg, Ternyata Hasilnya?

Meskipun demikian, perjalanannya sebagai seorang pengusaha tidaklah mulus. Sama seperti pebisnis lainnya, ia juga mengalami pasang surut kehidupan bisnis. Bahkan, banyak bisnisnya yang bangkrut karena berbagai sebab.

Menurut pembicara, pengusaha sering mengalami kegagalan, ditipu, atau memiliki karyawan yang mengundurkan diri untuk menciptakan merek mereka sendiri. Hal-hal tersebut merupakan hal yang biasa terjadi dalam dunia kewirausahaan.

Daftar di bawah ini menunjukkan empat perusahaan milik Gibran yang mengalami kebangkrutan:

1. Raising Coffee

Pada bulan Mei 2019, Gibran dan Kaesang mendirikan bisnis kedai kopi bernama Ternakopi. Sebelum pandemi Covid-19, Ternakopi memiliki kurang lebih 40 gerai yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun, Kaesang mengakui bahwa bisnis tersebut harus ditutup karena kinerja yang buruk.

“Dulu, kami sebenarnya memiliki hampir 40 gerai sebelum pandemi, namun setelah pandemi, semuanya menghilang. Kenapa bisa terjadi? Karena memang tidak berjalan dengan baik,” ungkap Kaesang, dikutip dari CNN Indonesia.

2. Goola

Goola adalah bisnis milik Gibran yang menjual minuman tradisional Indonesia. Salah satu produknya adalah Es Doger dengan kemasan modern. Namun, bisnis ini diserahkan kepada Kaesang sesaat sebelum Gibran menjadi Walikota Solo.

Berdasarkan penelusuran tampaknya bisnis ini sudah tidak beroperasi lagi. Hal ini terlihat dari postingan terakhir Goola di Instagram (@goola_id) yaitu pada 7 November 2020. Banyak pengguna internet yang juga mempertanyakan keberadaan bisnis ini.

3. ReadyMade

Baca Juga:Bos BCA Berencana Memindahkan Kantor Pusatnya ke Ibu Kota Negara (IKN) NusantaraIntip Harta Kekayaan Komeng vs Jihan Fahira Anggota DPD Jawabarat, Siapa yang Paling Tajir?

Di bidang kuliner, Gibran dan Kaesang bekerja sama sekali lagi untuk mendirikan sebuah bisnis bernama Siapmas. Usaha ini menawarkan berbagai minuman dan makanan ringan, termasuk keripik yang diberi nama Ngedrink dan Kemripik, yang dapat ditemukan di berbagai minimarket.

0 Komentar