Jangan Sepelekan Tidur! Ini Dia Manfaatnya untuk Kesehatan Otak dan Tubuh

Jangan Sepelekan Tidur! Ini Dia Manfaatnya untuk Kesehatan Otak dan Tubuh
Jangan Sepelekan Tidur. Foto: freepik.com/RAKCER.ID
0 Komentar

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Tidur yang cukup juga dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Saat Anda tidur, tekanan darah dan denyut jantung Anda akan menurun. Hal ini akan memberi kesempatan bagi jantung Anda untuk beristirahat dan berfungsi dengan baik.

Sebaliknya, kurang tidur dapat meningkatkan hormon stres yang disebut kortisol. Hormon ini dapat membuat jantung Anda bekerja lebih keras dan meningkatkan tekanan darah Anda.

Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, serangan jantung, atau gagal jantung.

 5. Mengontrol Nafsu Makan

Baca Juga:Teknik Sederhana untuk Mengatasi Overthinking dan Stres: Praktikkan MindfulnessSlow Living: Bebas Stres dan Jenuh dengan Hidup yang Lebih Sederhana dan Sadar

Tidur juga dapat memengaruhi nafsu makan Anda. Saat Anda tidur, otak akan mengatur kadar hormon yang berhubungan dengan rasa lapar dan kenyang, yaitu ghrelin dan leptin.

Ghrelin bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar, sedangkan leptin bertanggung jawab untuk menciptakan rasa kenyang.

Jika Anda kurang tidur, kadar ghrelin akan meningkat, sedangkan kadar leptin akan menurun. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah lapar dan sulit merasa kenyang.

Akibatnya, Anda akan cenderung makan lebih banyak dan lebih sering. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.

 6. Menjaga Kesehatan Kulit

Tidur juga dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Saat Anda tidur, tubuh akan memperbaiki berbagai kerusakan jaringan akibat paparan radikal bebas, sinar matahari, atau polusi. Hal ini akan membuat kulit Anda lebih sehat, bersih, dan bercahaya.

Selain itu, tidur juga dapat meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

Dengan tidur yang cukup, Anda dapat mencegah penuaan dini, seperti keriput, garis halus, atau flek hitam.

 7. Meningkatkan Kualitas Hidup

Baca Juga:5 Gerakan Olahraga Ringan yang Efektif Membakar Kalori di Rumah Stres dan Depresi Bisa Disebabkan oleh 5 Kebiasaan Buruk Ini, Apa Saja?

Dengan berbagai manfaat tidur yang telah disebutkan di atas, tidak diragukan lagi bahwa tidur dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

Dengan tidur yang cukup, Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik, lebih sehat, dan lebih bahagia.

Oleh karena itu, jangan sepelekan tidur. Usahakan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam dan hindari kebiasaan bergadang.

Jika anda mengalami kesulitan tidur, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

0 Komentar