Viral! Memasak Nasi di Kereta Api, Pihak KAI ingatkan Soal Ini.

WEW
WEW
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI telah mengingatkan kembali peraturan yang berlaku untuk penggunaan stop kontak di dalam kereta. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap isu penyalahgunaan fasilitas tersebut yang telah menjadi viral di media sosial belakangan ini.

Menurut Joni Martinus, VP Public Relations PT KAI, stop kontak yang tersedia di setiap tempat duduk kereta api hanya dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, atau laptop.

Menurut Joni, penumpang tidak diperkenankan menggunakan stopkontak di kereta api untuk keperluan selain gadget, seperti alat elektronik rumah tangga. Aturan ini diterapkan untuk menghindari gangguan terhadap penumpang lain dan potensi risiko terhadap keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api, seperti yang disampaikan dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times pada Selasa, 20 Februari 2024.

1. Pemakaian yang tidak benar banyak terjadi di colokan KAI

Pengingat dari PT KAI untuk para penumpangnya (dok. KAI)

Baca Juga:Intip Gaji dan Tunjangan AHY Sebagai Menteri Baru ATR yang Menggantikan Hadi TjahjantoIntip Harta Kekayaan Hadi Tjahjanto Sebagai Pengganti Mahfud MD di Posisi Menko Polhukam

Dalam beberapa hari terakhir, banyak pembicaraan di media sosial tentang penggunaan stop kontak di kereta api untuk memasak nasi dan menggantung kipas angin portabel di atas kursi penumpang.

Sebelumnya, banyak penumpang juga yang ramai menggunakan catokan rambut dengan memanfaatkan stop kontak yang tersedia di kereta api.

“Selain itu, penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan dan bersamaan dengan konsumsi listrik yang tinggi dikhawatirkan akan mengganggu fungsi kelistrikan kereta api secara keseluruhan,” ujar Joni.

2. Jika ada keluhan, silakan menghubungi kondektur

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ingatkan Hal Ini Kepada Penumpang Setelah Ada Penumpang yang Menanak Nasi di Kereta Api.Selama masa Lebaran Idul Fitri 1445 H.

Joni juga mengingatkan, jika penumpang mengalami masalah selama perjalanan, seperti AC yang tidak berfungsi dengan baik, penumpang dapat segera menghubungi kondektur yang bertugas untuk segera mengatasi masalah tersebut.

Nomor kontak kondektur ditampilkan di setiap dinding kereta.

3. Alternatif lain untuk mengungkapkan keluhan

Pemudik juga dapat menyampaikan keluhannya dengan menginformasikan kode booking melalui direct message ke Contact Center KAI di media sosial KAI, melalui email di [email protected], melalui WhatsApp di nomor 08111-2111-121, atau melalui telepon di nomor 121.

0 Komentar