Nasi Merah untuk Rambut: Apa Saja Manfaat dan Cara Menggunakannya?

Nasi Merah untuk Rambut: Apa Saja Manfaat dan Cara Menggunakannya?
Nasi Merah untuk Rambut. Foto: freepik.com/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Nasi merah adalah salah satu jenis beras yang kaya akan nutrisi, seperti protein, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain baik untuk kesehatan tubuh, nasi merah juga bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Berikut Manfaat Nasi Merah untuk Rambut:

Manfaat Nasi Merah untuk Rambut

1. Menjaga Warna Alami Rambut

Nasi merah mengandung mineral, seperti silikon, kalium, dan fosfor, yang dapat merangsang pembentukan melanin atau pigmen warna pada rambut.

Baca Juga:Nasi Merah untuk Kulit: Apa Saja Manfaat dan Cara Menggunakannya?Nasi Merah untuk Bayi: Kapan Mulai Diberikan dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Melanin dapat membuat rambut tampak hitam pekat dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Memperkuat Batang Rambut

Nasi merah mengandung asam amino, yaitu senyawa yang membentuk protein rambut.

Asam amino dapat membantu memperbaiki kerusakan rambut dan mencegah rambut rapuh.

Nasi merah juga mengandung inositol, yaitu karbohidrat yang dapat melapisi batang rambut dan membuatnya lebih kuat dan elastis.

3. Membuat Rambut Berkilau dan Halus

Inositol dan asam amino pada nasi merah dapat memberikan lapisan tambahan pada permukaan rambut, sehingga rambut dapat memantulkan cahaya dan tampak berkilau.

Lapisan ini juga dapat melembutkan rambut dan mengurangi gesekan antarhelai rambut, sehingga rambut mudah disisir dan tidak kusut.

4. Mengurangi Ketombe

Nasi merah yang difermentasi mengandung bakteri baik Bacillus cereus, yang dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe, yaitu Malassezia furfur.

Baca Juga:Nasi Merah untuk Ibu Hamil: Apa Saja Keuntungannya?Nasi Merah untuk Penderita Diabetes: Apa Saja Manfaat dan Risikonya?

Nasi merah juga dapat menyeimbangkan pH kulit kepala dan mengurangi produksi minyak berlebih, yang dapat memicu ketombe.

5. Meredakan Iritasi Di kulit Kepala

Nasi merah dapat meredakan iritasi dan luka pada kulit kepala yang disebabkan oleh bahan kimia pada sampo, seperti sodium laureth sulfate (SLS).

Pati pada nasi merah dapat meresap ke bagian kulit yang terluka dan membentuk lapisan pelindung, yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

Nasi merah juga dapat meningkatkan fungsi skin barrier atau lapisan pelindung kulit kepala, sehingga kulit kepala tidak mudah iritasi.

Cara Menggunakan Nasi Merah untuk Rambut

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan nasi merah untuk rambut, yaitu:

1. Menggunakan Air Beras

Air beras adalah air sisa dari mencuci atau merebus beras. Air beras mengandung nutrisi yang baik untuk rambut, seperti yang telah disebutkan di atas.

0 Komentar