Teh Hijau dan Diabetes: Bagaimana Pengaruhnya?

Teh Hijau dan Diabetes: Bagaimana Pengaruhnya?
Teh Hijau. Foto: freepik.com/RAKCER.ID
0 Komentar

CIREBON, RAKCER.ID – Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, dan kerusakan saraf. Oleh karena itu, penderita diabetes perlu mengontrol gula darah mereka dengan baik.

Salah satu cara untuk mengontrol gula darah adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, seperti teh hijau.

Teh hijau adalah minuman yang terbuat dari daun teh yang tidak difermentasi. Teh hijau mengandung antioksidan dan polifenol yang sangat tinggi, yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi penderita diabetes.

Manfaat Teh Hijau bagi Penderita Diabetes

Baca Juga:6 Efek Samping Teh Hijau yang Perlu Kamu TauTeh Hijau dan Kanker: Apa yang Dikatakan Penelitian?

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minum teh hijau secara teratur dapat memberikan manfaat bagi penderita diabetes, antara lain:

1. Mencegah Diabetes

Menurut penelitian di Jepang, seseorang yang mengonsumsi 6 cangkir teh hijau setiap hari memiliki risiko 33 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2, daripada orang yang hanya minum satu cangkir setiap minggunya.

2. Menurunkan Gula Darah

Beberapa senyawa dalam teh hijau, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG) diketahui dapat menstimulasi transfer glukosa ke sel otot, sehingga jumlah gula dalam darah bisa berkurang.

Selain itu, teh hijau juga dapat membantu menurunkan gula darah puasa dan konsentrasi HbA1c, yang merupakan indikator kontrol gula darah jangka panjang.

3. Menurunkan Berat Badan

Teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.

Berat badan yang ideal dapat membantu penderita diabetes meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin. Teh hijau juga tidak mengandung kalori, sehingga tidak akan menambah asupan kalori harian.

4. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah salah satu faktor yang dapat memperburuk kondisi diabetes. Teh hijau dapat mengurangi peradangan dengan cara menekan produksi sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan produksi sitokin anti-inflamasi.

Baca Juga:4 Jenis Teh Hijau yang Wajib Kamu CobaTeh Hijau dan Kesehatan Gigi: Apa Hubungannya?

Teh hijau juga dapat mengurangi kerusakan sel akibat stres oksidatif, yang merupakan salah satu penyebab peradangan.

5. Meningkatkan Kesehatan Usus

Kesehatan usus memiliki hubungan erat dengan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan diabetes.

Teh hijau dapat meningkatkan kesehatan usus dengan cara memodifikasi mikrobiota usus, yaitu kumpulan bakteri yang hidup di dalam usus.

0 Komentar