7 Fakta Tentang Monyet Uakari Botak, Monyet Berwajah Merah 

7 Fakta Tentang Monyet Uakari Botak, Monyet Berwajah Merah 
Dengan wajah merahnya, monyet Uakari yang botak adalah hewan yang mencolok secara visual.  Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

Uakari botak jantan kawin dengan hanya satu betina dalam hubungan monogami. Biasanya, mereka kawin antara bulan Mei dan Oktober. 

Betina kemudian akan melahirkan satu anak setelah masa kehamilan enam bulan. Bayi Uakari yang baru lahir menyusu kepada ibunya selama beberapa bulan pertama kehidupannya. Mereka tidak mulai makan buah lunak sampai mereka berumur tiga sampai lima bulan. 

5.      Menjelajah hingga 5 km dalam sehari 

Uakari botak berlari dan berjalan di tanah serta memanjat pohon dengan menggunakan keempat kakinya. 

Baca Juga:9 Fakta Menarik Ayam Cemani, Ayam yang Warna Badanya Hitam Semua 5 Fakta Menarik Tentang Ayam Serama, Ayam Kecil Namun Sangat Anggun 

Mereka dapat menggunakan kedua kakinya untuk berjalan dan melompat di medan hutan. Uakari botak dapat melakukan perjalanan hingga 5 kilometer dalam satu hari, menurut Net Primate Conservancy. Kali ini, ekornya hanya sebagai hiasan dan tidak ada gunanya. 

Uakari yang tidak berambut menyeimbangkan dirinya dengan lengan dan kakinya yang panjang. 

6.      Wajah merah juga membantu pemilihan pasangan kawin 

Wajahnya yang merah tidak hanya menunjukkan status kesehatan uakari botak, tetapi juga mempengaruhi pilihan pasangannya. 

Pada betina, kemerahan pada wajah dikaitkan dengan kadar estrogen, sedangkan pada pria dikaitkan dengan kadar testosteron. 

Hal ini meningkatkan kemungkinan uakari menemukan pasangan dan menghasilkan keturunan yang sehat dengan mempermudah mereka memilih pasangan yang cocok. 

7.      Wilayah penyebaran uakari botak 

Uakari botak ditemukan di Brasil bagian barat, Peru bagian timur, dan Kolombia bagian selatan di sepanjang kawasan Amazon. 

Baca Juga:5 Fakta Menarik Tentang Ayam Pelung, Jenis Ayam Khas Jawa Barat 5 Fakta Menarik Southern Pigtail Macaque, Atau yang Sering Disebut Monyet Beruk 

Mereka hidup di hutan tropis, ada yang genangan airnya hanya pada musim tertentu dan ada pula yang tergenang terus menerus. 

Uakari botak menghuni lingkungan di sekitar sungai dan danau kecil, menurut Animalia. 

Nah itu tadi adalah 7 fakta menarik tentang monyet uakari botak semoga bisa bermanfaat.(*)

0 Komentar