5 Jenis Burung Parasit, Sungguh Sangat Tidak Bertanggung Jawab 

5 Jenis Burung Parasit, Sungguh Sangat Tidak Bertanggung Jawab 
Cuckoo, atau Cuculus canorus, tidak diragukan lagi merupakan salah satu pesaing untuk gelar hewan induk yang paling tidak bertanggung jawab.  Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

Meskipun demikian, anak-anak burung kukuk akan menghabiskan enam hingga delapan minggu berikutnya tinggal dekat dengan sarang induknya bahkan setelah mereka sendirian. 

2.      Jalak eropa 

Turnus vulgaris, atau burung jalak Eropa, sering dianggap sebagai burung pengganggu yang sangat mengganggu. 

Keberadaan burung ini mungkin berdampak pada sektor peternakan, pertanian, penerbangan, dan kesehatan manusia. 

Baca Juga:4 Fakta Menarik Tentang Culpeo, Sang Predator yang Sangat Imut Sekali 5 Fakta dari Burung Paok Bidadari, Burung yang Mempunyai Warna Paling Indah 

Apalagi peta sebarannya cukup luas meliputi Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika Utara. 

Burung ini memiliki panjang antara 19 dan 23 sentimeter dan berat antara 58 dan 101 gram. Mereka memiliki lebar sayap 31–44 cm saat ini. Secara umum, burung jalak Eropa secara eksklusif menunjukkan parasitisme induk terhadap burung jalak Eropa lainnya. 

Salah satu makalah jurnal berjudul “Indukan Jalak Eropa Parasitik Tidak Bertelur Berkualitas Tinggi” menyatakan bahwa penyebab parasitisme induk jalak Eropa adalah betina yang, ketika ditinggal sendirian di sarangnya, baru bertelur pertama kali. 

Tentang Dari semua pasangan burung jalak Eropa yang terbentuk sepanjang musim kawin, 37 persen dari sarang ini diketahui berisi telur dari burung jalak betina yang bertanggung jawab atas parasitisme induk. 

Biasanya telur jalak eropa menetas dalam waktu 12 hari. Ibu tirinya kemudian akan merawat mereka sampai mereka berusia tiga minggu, dan pada saat itulah mereka dapat merawat diri mereka sendiri. 

Hebatnya, meskipun merupakan induk parasit, populasi burung jalak Eropa diperkirakan cukup besar. 

Setidaknya terdapat ratusan juta burung jalak Eropa di dunia saat ini karena kemampuan beradaptasi mereka yang luar biasa. 

3.      Burung koboi berkepala cokelat 

Baca Juga:4 Unggas yang Sangat Mirip Dengan Bebek, Bahkan Penampilan nya Sangat Mirip 5 Reptil yang Biasanya Menghuni Pantai, Awas Ada Ular Laut yang Sangat Berbisa 

Seluruh keluarga burung koboi, Molothrus, benar-benar terlibat dalam parasitisme induk. Namun, spesies paling umum yang menunjukkan parasitisme induk mungkin adalah burung koboi berkepala coklat (Molothrus ater). 

Padang rumput dari Amerika Utara hingga Amerika Tengah adalah rumah bagi burung ini. Burung koboi berkepala coklat berukuran panjang 16–22 cm dan berat 38–50 gram. 

Sedangkan lebar sayap burung ini berukuran sekitar 32 hingga 38 cm. Menurut Nest Watch, burung koboi betina berkepala coklat pertama-tama akan mencari sarang spesies burung lain.

0 Komentar