Bikin Lidah Meled dan Nendang, 5 Kuliner Sambal yang Terkenal, Membuat Kita Semakin Enak Akan Rasa Pedasnya 

Bikin Lidah Meled dan Nendang, 5 Kuliner Sambal yang Terkenal, Membuat Kita Semakin Enak Akan Rasa Pedasnya 
Pastinya masyarakat Indonesia sudah familiar dengan sambal khas Jawa yang satu ini karena cocok dipadukan dengan berbagai lauk pauk, antara lain ayam goreng, lalapan, dan sayur asam. Foto : Pinterest / Rakcer.id
0 Komentar

3.      Sambal terasi 

Kuliner sambal yang terkenal ke 3 adalah sambal terasi, Pastinya masyarakat Indonesia sudah familiar dengan sambal khas Jawa yang satu ini karena cocok dipadukan dengan berbagai lauk pauk, antara lain ayam goreng, lalapan, dan sayur asam. Ini juga sangat enak disajikan hanya dengan nasi putih hangat.

Sesuai dengan namanya, sambal ini terbuat dari udang rebon atau terasi yang difermentasi. Aromanya kuat, unik, dan bentuknya seperti adonan. 

Untuk menambah rasa, dipadukan dengan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan tambahan tomat. 

Baca Juga:5 Buah Untuk Pelancar Susu Asi, yang Kaya Akan Nutrisi Serta Menyehatkan 5 Fakta Menarik Walrus, Si Penyelam yang Hebat dan Bergading 

Saus sambal klasik kuliner khas Indonesia ini juga cukup mudah beradaptasi karena bisa dijadikan sebagai pelengkap berbagai masakan yang digoreng atau dibakar, atau bisa juga ditambahkan ke dalam tumisan nasi agar terasa gurih. 

4.      Sambal dabu – dabu 

Kuliner sambal yang terkenal ke 4 ada sambal dabu – dabu, Sambal Dabu-Dabu yang berasal dari Manado di Sulawesi Utara mirip dengan sambal matah karena dikonsumsi mentah sehingga memberikan rasa sambal yang lebih cerah.

Alih-alih dihaluskan seperti sambal lainnya, sambal khas Indonesia ini dibuat dengan cara mengiris komponen-komponen kecil seperti tomat merah dan hijau, cabai rawit merah, bawang merah yang dipadukan dengan garam, batang daun bawang, dan jeruk nipis, lalu ditaburi minyak. hangat.

Banyak orang membandingkan saus sambal berbahan tomat ini dengan salsa dari Meksiko. Ini adalah saus sambal klasik Indonesia yang paling cocok dipadukan dengan ikan bakar dan makanan laut lainnya. 

5.      Sambal ijo padang 

Kuliner sambal yang terkenal urutan ke 5 yaitu ada sambal padang, Sambal ini wajib disantap bersama makanan Padang lainnya seperti kari ayam, rendang, dan masakan bersantan lainnya. Anda pasti akan selalu menemukannya di restoran Padang.

Karena menggunakan cabai hijau sebagai pengganti cabai rawit, sambal tradisional Indonesia ini juga tidak terlalu pedas. 

Tambahkan tomat hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam ke dalam sambal lalu tumis hingga kuah yang disebut juga lado mudo ini siap disajikan. 

0 Komentar